Sempat Buron, Pelaku Pencuri HP Akhirnya Tertangkap


PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Sempat menghilang dan menjadi target operasi Polisi, Safriansyah (20) warga Desa Petanang Kampung III Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, akhirnya berhasil tertangkap.

Safriansyah diringkus Tim Satreskrim Singo Timur saat tengah santai dirumahnya, Rabu (7/12/2022), sekitar pukul 10.30 WIB. Ketika diamankan, tidak ada perlawanan dari tersangka.

Tanpa bisa berdallih, tersangka mengakui keterlibatnya dalam kasus pencurian handphone milik korban Azzah Lutfiah (19) yang terjadi di Jalan Padat Karya Prabumulih Timur, pada Sabtu 8/10/2022) lalu.

Dari pengakuan itu, Safriansyah harus pasrah saat digiring anggota Satreskrim ke Polsek Prabumulih Timur. Saat ini Safriansyah disangkakan pasal 365 KUHP atas kasus tindak pidana pencurian disertai dengan kekerasan.

Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Bobby Eltarik SH MH didampingi Kanit Reskrim, Ipda Haryoni Amin SH menuturkan, ungkap kasus ini berawal dari informasi masyarakat bahwa tersangka pulang dan berada di rumah. Menindaklanjuti Laporan itu, petugas langsung berangkat dan berhasil mengamankannya.

"Tersangka Safriansyah kita amankan pagi tadi. Sebelumnya kita telah meringkus rekan tersangka yakni Alamin, sehingga tuntas kasus tersebut ditangani. Untuk saat ini kedua tersangka masih mendekam ditahanan sementara Polsek Prabumulih Timur,” terang Bobby.

Dari catatan Kepolisian, para tersangka mengawali aksinya dengan cara memepet motor korban dari kiri saat korban melintas di jalan padat karya Prabumulih.

Pelaku langsung mengambil paksa dompet korban yang berada di dasboat depan. Korban sempat melawan dan terjadi tarik menarik dompet, namun tangan korban ditepis pelaku Safriansyah. 

Para pelakupun akhirnya kabur menggunakan sepeda motor dan berhasil membawa lari tas dompet yang berisikan 1 unit Iphone11, 1 unit Hp merk Vivo, uang tunai Rp.500.000, KTP,  dan Atm Bank Mandiri.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian yang ditaksir mencapai 15.000.000 rupiah. Selanjutnya, korban bersama keluarga melapor ke Polsek Prabumulih Timur.

Menurut Kapolsek, usai melakukan pengusutan kasus tersebut, pihaknya berhasil mengamankan kedua pelaku. Kata dia, para pelaku dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara di atas 5 tahun.

 “Iya, kedua pelaku sudah kita jebloskan ke penjara. Dan, proses hukum keduanya masih berjalan di tangan penyidik Polsek Prabumulih Timur,” pungkasnya. (Ard)

Posting Komentar

0 Komentar