publikzone.com


Pelatihan PATBM di Kabupaten Muara Enim Telah Dibuka


MUARAENIM --- Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Muara Enim, Maryana membuka secara langsung Pelatihan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Untuk Fasilitator / Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan yang direncanakan berlangsung mulai 11 hingga 12 November 2021 tersebut dihadiri 60 orang peserta yang berasal dari 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Dalam sambutannya Asisten III mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu upaya yang ditujukan untuk melindungi perempuan dan anak serta memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender seperti berkurangnya kasus kekerasan terhadap perempuan, meningkatnya kualitas penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan, berkurangnya kasus kekerasan terhadap anak, serta meningkatnya kualitas layanan perlindungan khusus kepada anak.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dampak psikologis kekerasan pada perempuan dan anak dapat menimbulkan trauma, reaksi fisik, keinginan bunuh diri, dan berbagai reaksi negatif lainnyayang memerlukan waktu yang lama untuk memulihkan si korban tersebut, sayangnya kekerasan terhadap perempuan baik secara verbal, seksual, maupun fisik penyembuhannya tak semudah luka akibat cedera bukan hanya fisik, tapi kehidupan psikologisnya juga menjadi taruhan.

"Saya harap dengan diadakannya Pelatihan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi peserta pelatihan dalam penanganan korban kekerasan perempuan dan anak di wilayah masing-masing, jika seumpamanya terjadi suatu kasus di daerah tertentu para peserta yang telah hadir pada pelatihan hari ini dapat memberikan arahan kepada korban tentang bagaimana cara pelaporan kasus tersebut,"ucap Maryana.

Turut hadir selaku narasumber, Didik Santoso Ahli Madya pada Asisten Deputi Perlindugnan Khusus Anak dari Kekerasan Kemen PPA, Toni Fhiser Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak (PHPA), Baryanti Arthnini Kasi PErlindungan Khusus Anak DPPPA Prov. Sumsel, serta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Muara Enim, Ketua IPEMI, Ketua Priska BA, serta para Peserta Pelatihan PATBM.

Posting Komentar

0 Komentar