publikzone.com


Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Muara Enim Salurkan KB Gratis


Muara Enim -- Guna terwujudnya dan terealisasi program pemerintah hingga ketingkat Masyarakat bawah,Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Program Pelayanan KB Gratis. Diantaranya, jenis Medis Operasi Pria (MOP) dan Medis Operasi Wanita (MOW) yang dihelat di RSUD dr HM Rabain Muara Enim, pada Sabtu (13/11/2021).

“Alhamdulillah pelaksanaan pada hari ini berjalan lancar. Meski masih ada didapatkan permasalahan di lapangan,” ungkap Kepala DPPKB Kabupaten Muara Enim H Rinaldo S.STP MSi.

Rinaldo juga menambahkan, permasalahan di lapangan itu diantaranya, pertama, disaat pemeriksaan masih terdianogsa akseptor mengalami hypertensi dikarenakan cemas. Kedua, masih ditemukan akseptor yang menstruasi, dan ketiga, juga ditemukan akseptor yang positif hamil dari pemeriksaan awal.

“Meski begitu, tentu program ini akan terus dilaksanakan. Dan, saya ucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan hari ini,” katanya.

Kegiatan ini,lanjutnya, digelar bertepatan juga dengan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim Ke 75 , Hari Kontrasepsi Sedunia, TNI Manunggal KB Kesehatan, Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, di Kabupaten Muara Enim.

“Pelayanan MOP sebanyak 6 akseptor dan MOW sebanyak 59 akseptor dari target pemerintah Pusat melalui dana DAK yaitu MOP 15 akseptor dan MOW 80 akseptor,” papar Rinaldo.

Selain itu, kegiatan pelayanan MOP dan MOW ini dilaksanakan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), yang bertujuan untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta mengendalikan jumlah penduduk di Kabupaten Muara Enim.

Ditambahkan Rinaldo,bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, RSUD dr HM Rabain Muara Enim, Dinas Kesehatan dan juga Partisipasi PT Bukit Asam Tanjung Enim melalui program CSR dan Mitra kerja lainnya.

Dari pantauan media ini,kegiatan pelayanan MOP dan MOW ini,selain dihadiri oleh Kepala DPPKB beserta staf, juga di hadiri langsung Direktur RSUD dr HM Rabain besrta staf,serta pihak terkait lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar