publikzone.com


Upacara HUT RI ke 76 Di Muaraenim Berjalan Sukses


MUARAENIM, PUBLIKZONE --- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 yang digelar di Halaman kantor Pemkab Muara Enim berlangsung khidmat dan sukses, Selasa(17/8/2021).

Dalam upacara ini, Penjabat Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM bertindak sebagai inspektur upacara, Komandan upacara Mayor Infanteri Zero Mandoni yang sehari-hari bertugas sebagai Gomil Golongan VI Rindam II Sriwijaya, Pembina Upacara Kapten Arm Broto Santoso yang menjabat Pasi Pers Kodim 0404 Kodim Muara Enim dan pembaca UUD 1945, Liono Basuki BSc yang menjabat Ketua DPRD Muara Enim.


Sebagai Danki pasukan Letda Inf Hendrisyah Siregar dari Satuan Rindam II Sriwijaya, Pasukan Kelompok 17 dipimpin Arub Muhammad Jihadi siswa SMAN 2 Muara Enim, Pasukan Kelompok 8 inti terdiri dari pembawa baki Dewinta Putri Maharani dari SMAN 2 Muara Enim, dan pengibar bendera merah putih yakni M Alhadi Rivan(SMK Bina Mulya), M Tegar Raivadhan(SMAN 1 Muara Enim) dan Raja Natanael Sembiring(SMAN 1 Muara Enim) serta pasukan 45 dari satuan Yonif 141 AYJP Brigif 8/Garuda Cakti Kodam II Sriwijaya.

Penjabat Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MM usai upacara digelar mengatakan dalam menghadapi situasi pandemi Covid 19 ini, dirinya mengharapkan seluruh komponen tetap membangun dan bahu-membahu dalam kebersamaan menghadapi tantangan pembangunan dalam pandemi ini.

Dikatakan HNU, apapun pembangunan dan keberhasilan Kabupaten Muara Enim akan tetap berjalan dan dilanjutkan ke arah yang lebih baik. Walaupun, kata Pj Bupati, sudah 1,5 tahun bencana pandemi melanda Kabupaten Muara Enim.


"Saya yakinkan pandemi ini bisa kita lawan. Untuk itu saya mengajak masyarakat Kabupaten Muara Enim, pejabat pemangku kepentingan untuk secara bersama-sama kita lawan Covid 19 ini. Dengan bersatu padu dan saya optimis walaupun di masa sulit ini, kita bisa atasi Covid 19 ini. Pandemi ini tidak boleh jadi pembatas aktifitas dan kreatifitas kita untuk membangun. Dengan satu kata kunci yakni kebersamaan, kebersamaan dan kebersamaan," ungkap Pj Bupati.

Usai memimpin upacara, Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar langsung memberikan bantuan kepada para veteran dan janda veteran yang ada di Kabupaten Muara Enim serta berfoto bersama, lalu kemudian PJ Bupati Muara Enim dan forkopimda langsung menuju ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim untuk ikut menyaksikan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dari istana presiden Jakarta melalui virtual.

Kemudian usai ikut menyaksikan detik detik proklamasi kemerdekaan melalui virtual tersebut PJ Bupati Muara Enim beserta rombongan langsung menuju Lapas Kelas II B Muara Enim guna untuk memberikan remisi kepada 592 warga binaan Lapas Kelas II B Kabupaten Muara Enim.


Dalam kesempatan itu Pj. Bupati mengatakan remisi tersebut merupakan pengurangan masa tahanan para warga binaan yang berkelakuan baik dan sesuai syarat tertentu, sebagai bentuk penghargaan negara atas perbaikan diri, sikap dan mental warga binaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. 

Dirinya menyampaikan remisi ini bukan hanya sekedar pemenuhan hak oIeh negara kepada para warga binaan, tetapi juga apresiasi kepada mereka yang telah melewati ujian panjang pemidanaan dengan perbaikan kualitas pribadi dan mental serta berkelakuan baik selama masa pembinaan.


"kita berharap seluruh warga binaan penerima remisi agar dapat menjadi manusia yang berkualitas, jadilah insan yang lebih baik, hiduplah dalam tata nilai dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Dirinya juga mengajak warga binaan untuk turut aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan pihak lapas dan mematuhi seluruh aturan yang ada agar tiba waktu pembebasan kelak para warga binaan siap untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat,"Ucapnya.

Sementara, Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim Herdianto Amd.IP., S.H., M.Si.,juga menambahkan bahwa warga binaan Lapas Kelas II B Muara Enim yang menerima remisi sebanyak 592 orang dengan rincian 587 narapidana dan 5 orang anak yang berkonflik dengan hukum.

Dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 76, Pj Bupati Muara Enim juga melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi pada Selasa dini hari (17/08/2021) tepat Pukul 00.00 WIB, Pj. Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH, MM bersama anggota Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Danrindam II Sriwijaya, Danyonif 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Tabrani MSi, melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi, Kota Muara Enim. Kegiatan itu dipimpin oleh Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Erwin Iswari, SSos, M.Tr.(Han.), selaku inspektur upacara. Upacara ini juga dimaksudkan sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. (ADV/KOMINFO)

Posting Komentar

0 Komentar