publikzone.com


Diduga Akibat Arus Pendek Listrik Rumah Ardono Ludes Terbakar


MUARAENIM--- Peristiwa kebakaran terjadi di Kampung Satu Desa Alai Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim pada Minggu (08/08), sekitar pukul 08:30 WIB. Api menjalar dengan cepat menghanguskan rumah milik Ardono (34) warga dusun Satu Desa Alai Kecamatan Lembak.

Dugaan sementara, percikan api berasal dari hubungan arus pendek listrik yang menyebabkan rumah didominasi matrial kayu itu hangus terbakar.

“Api tiba-tiba terlihat dari rumah dan terus membesar yang kemudian warga berhamburan keluar untuk melakukan pemadaman ,” ujar saksi Didi dan Rano warga desa Alai.

Mendapatkan informasi tersebut, Kapolsek Lembak Polres Muara Enim AKP Sigit Widodo, SH, bersama para personil langsung ke TKP guna memberikan pertolongan dan menghubungi pihak pemadam dari PT Seralaya Belide (SRB) yang kemudian api perlahan-lahan bisa dijinakan agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

“Ya, api berhasil dipadamkan pada pukul 10: 00 Wib, Pemilik rumah tidak berada ditempat Kerena rumah sudah 3 tahun rumah ini tidak dihuni namun hanya dibersihkan saja oleh pemilik rumah ,” ujar Kapolsek saat di TKP.

Dikatakannya, bahwa keadaan aliran listrik masih normal saat rumah tanpa adanya penghuni selama 3 tahun tersebut, dan diduga kuat peyebab kebakaran dari arus pendek listrik.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan hanya kerugian ditaksir mencapai 150 juta karena didalam rumah masih banyak barang berharga.

“Dihimbau agar warga waspada dan lebih cermat lagi dalam mengurus rumah agar tidak terjadi kebakaran ,” ungkap AKP Sigit Widodo.

Sementara Kades Alai Kecamatan Lembak, Ira Nanang, membenarkan bahwa warganya telah mengalami musibah kebakaran dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Bersama warga telah ikut membantu menjinakan api dan juga para personil Polsek juga datang di TKP Serta  pihak Damkar PT SRB dan 1 unit Damkar Prabumulih juga datang menaklukan api ,” ujar Ira Nanang Kades Alai.

Dikatakan Ira, dihimbau warga lainnya untuk berhati-hati dan waspada dan lebih teliti lagi memperhatikan kondisi rumahnya masing-masing dan kini pihak Pemdes Alai telah memberikan pertolongan atas musibah tesebut, terang Kades.

Dadang seorang tokoh masyarakat Desa Alai yang juga mantan anggota DPRD Muara Enim tersebut, mengungkapkan agar lebih ektra hati-hati lagi dalam memelihara rumah apalagi saat ini tengah musim panas dan lebih teliti lagi memeriksa kondisi rumah.

“Turut prihatin dan tetap sabar atas musibah ini dan dijadikan pelajaran kedepannya serta berharap bantuan bagi ahli musibah dapat meringankan beban nya,” tutup Dadang , yang ikut membantu musibah kebakaran rumah warga  Desa Alai ini.(red)

Posting Komentar

0 Komentar