publikzone.com


Bupati Dodi Reza Sebar Puluhan Hewan Kurban untuk Warga Muba


SEKAYU- Ditengah lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Muba, perhatian Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA kepada masyarakat Bumi Serasan Sekate makin menarik simpatik banyak pihak. 

Misalnya saja menjelang perayaan Idul Adha 1442 H, sedikitnya 55 ekor hewan kurban yakni Sapi disebar Kepala Daerah Inovatif Indonesia ini untuk dibagikan ke warga Muba kurang mampu yang lagi isolasi mandiri (isoman). 

"Meski masih COVID-19 saya bersama jajaran OPD Pemkab Muba terus berusaha semaksimal mungkin memberikan perhatian ke warga Muba, hari ini kami bagikan 55 ekor hewan kurban yakni Sapi untuk disebar ke seluruh Kecamatan di Muba," ungkap Dodi Reza saat penyerahan hewan kurban di Masjid Raya, Senin (19/7/2021). 

Bapak Santri Sumsel ini mengaku, pembagian daging kurban nantinya juga di prioritaskan untuk warga Muba yang sedang melaksanakan isolasi mandiri (isoman) yang kurang mampu baik di Muba maupun di Sumsel yang akan disalurkan melalui organisasi masyarakat Ikatan Keluarga Muba (IKAMUBA), dan lainnya serta untuk kaum dhuafa dan fakir miskin. 

"Jadi berdasarkan data yang kami peroleh ada sekitar 70 warga kurang mampu di Muba penyintas COVID-19 yang saat ini sedang melaksanakan isoman. Jadi selain vitamin dan obat-obatan juga kita salurkan protein hewani dari hewan kurban. Nah, daging kurban nanti akan diantar ke rumah mereka masing-masing dengan tetap mengedepankan prokes," ulasnya. 

Mustasyar PWNU Sumsel ini melanjutkan, dirinya telah menghimbau kepada seluruh panitia pemotongan hewan kurban di Muba untuk membagikan daging kurban nantinya door to door ke rumah warga yang berhak mendapatkan. 

"Jadi warga tidak disuruh ngumpul, daging kurban nantinya akan diantar langsung oleh panitia kurban, selain itu untuk wadah daging kurban juga akan menggunakan pelepah pinang, daun jati, dan daun pisang untuk upaya menekan penggunaan sampah plastik," bebernya. 

Kepala Bagian Kesra Setda Muba H Opi Palopi  mengajak untuk seluruh warga Muba yang melaksanakan Shalat Idul Adha rumah masing-masing. 

"Sebagaimana edaran yang telah dikeluarkan pak Bupati agar melaksanakan shalat Idul Adha di kediaman masing-masing meminimalisir peningkatan jumlah penularan wabah COVID-19," tandasnya. 

Selain itu, Opi menambahkan hewan kurban yang telah disiapkan ada 55 sapi hewan kurban Pemkab Muba yang 40 berasal dari hewan kurban Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah serta OPD Pemkab Muba, dan 15 ekor sapi dari Perusahaan yang kita sebarkan diseluruh kecamatan-kecamatan. Selain itu juga diberikan ke organisasi, panti asuhan, pondok pesantren dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba, Lapas Kelas II B Sekayu, dan pasien isoman.

"Semoga apa yang dilakukan pak Bupati bersama seluruh jajaran OPD Pemkab Muba ini bisa sedikit meringankan beban dan kebutuhan warga Muba ditengah wabah COVID-19 saat ini," pungkasnya.

Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Jhony H Gultom yang hadir langsung pada penyerahan hewan kurban tersebut menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bentuk kepedulian Pemkab Muba kepada Lapas Sekayu.

"Hewan ini akan kami sembelih setelah pelaksanaan Salat Idul Adha. Kemudian dagingnya akan kami serahkan ke dapur Lapas untuk diolah dan dibagikan kepada seluruh warga binaan kami," ucapnya.

Senada Sudarman penyandang disabilitas  penerima hewan kurban, mengucapkan terima kasih Pemerintah Kabupaten Muba untuk penyerahan hewan kurbannya.

"Ini sangatlah berarti bagi kami semua, kami percaya ini sebagai bentuk besarnya rasa kepedulian Pemkab Muba kepada masyarakatnya," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Kepala Dinas TPHP Muba Ir Thamrin, dan Organisasi Perangkat Daerah terkait. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar