publikzone.com


Hafal Alquran Juz 30, 24 Siswa SDTI Diwisuda


MUARA ENIM, PUBLIKZONE  -- Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Serasan Sekundang Muara Enim, mewisuda 24 anak kelas VI angkatan pertama tahun ajaran 2020-2021, Senin (14/06/2021). Wisuda ini khusus bagi siswa yang telah berhasil menyelesaikan hafalan Al-quran Juz 30.

Wisuda dilakukan oleh Ketua Yayasan (YKISS), H Nurdin Masyir BA, didampingi Kepala SDIT Serasan Sekundang, Ustad Musfan S.Pd.I dan dihadiri oleh Pembina YKISS H Taufik Rahman SH, serta jajaran Dinas Pendidikan, dan Kementrian Agama.

Dalam sambutanya, H Nurdin Masyir BA mengatakan, para siswa siswi sudah diajarkan mental spiritual islami sejak pertama kali masuk SD IT. Setiap hari para siswa mulai di biasakan dengan salat dhuha, belajar menulis dan menghafal Al-quran, Shalat berjamaah, dan penanaman perilaku mulia, serta sopan santun kepada guru dan orang tua.

“Kami disini memberikan ilmu agama islam serta ilmu umum sesuai dengan kurikulum dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan harapan, kelak mereka tidak hanya menguasai ilmu dan teknologi saja, tetapi juga memiliki dasar ilmu agama. Keduanya sama-sama penting, ilmu di dunia, serta bekal untuk di akhirat,”ungkap Nurdin.

Sementara itu, Kepala SDIT Serasan Sekundang, Ustad Musfan, S.Pd.I menyampaikan, pihaknya memberikan pendidikan dasar guna mencetak generasi yang menguasai ilmu perkembangan teknologi, dan menguasai ilmu agama salah satunya penghafal Alquran Juz 30.

“Dalam hal ini, anak-anak sejak masuk sekolah sudah diajari, dan dibiasakan dengan hafalan Alquran, sehingga anak sampai dengan kelas enam sudah hafal Alquran Juz 30. Untuk angkatan pertama ini kami mewisuda 24 anak,”ungkap Musfan.

Musfan juga menambahkan, melalui program Muroja’ah, yakni dengan mengulang pelajaran yang telah di hafalkan merupakan salah satu metode efektif agar anak-anak didiknya bisa lulus menjadi wisuda tahfidz juz 30 angkatan pertama ini.

Selain itu, anak-anak didiknya selama ini disiplin mengikuti berbagai kegiatan keagamaan di sekolah, seperti shalat berjamaah dan ekstrakurikuler. Ia menambahkan, jelang penerimaan siswa baru tahun ajaran 2021-2022, SDIT Serasan Sekundang Muara Enim memiliki kuota dua rombel atau maksimal hanya 60 anak. 

“Tahun ini masih sama dengan tahun lalu, kiya hanya menerima sekitar 60 anak untuk dua rombel. Jika selama pandemi Covid-19 pemerintah belum mengijinkan pembelajaran tatap muka, maka kami sudah menyiapkan pembelajaran Daring maupun Luring. Harapan kami mudah-mudahan mulai ajaran tahun baru nanti siswa bisa kembali belajar di sekolah,”pungkasnya.


Pantauan media ini dilapangan, kegiatan wisuda dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan setiap siswa dan orang tua yang hadir melewati serangkaian pemeriksaan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, dan duduk berjarak.

Acara wisuda pun dimeriahkan dengan penampilan siswa penghafal Alquran serta menampilkan tarian dan nyanyian bertajuk Islam yang semuanya dibawakan oleh siswa/i SDIT itu sendiri. (DN)

Posting Komentar

0 Komentar