publikzone.com


Pemerintah Pusat Pangkas Anggaran Prabumulih Rp 90 Miliar

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Pemerintah pusat bakal melakukam pemangkasan anggaran mencapai sekitar Rp 90 miliar melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Bagi Hasil dan lainnya.

Hal itu diungkapkan Walikota Prabumulih H Ridho Yahya saat diwawancarai sejumlah wartawan, pada Selasa (2/3/2021).

"Tadi kegiatan bersama OPD (organisasi perangkat daerah), karena prihatin kalau tahun kemarin kita dipotong sebesar 35 persen, informasi terakhir tahun ini ada 8 persen pemotongan untuk DAU, 30 persen dana DID dan dana lain, jadi banyak pemotongan. Itu yang membuat kita sedih," ungkap Ridho.

Ridho mengatakan, di satu sisi pihaknya akan menggelar pengentasan kemiskinan, kesehatan dan lainnya namun disisi kain bakal ada pemangkasan anggaran yang mencapai Rp 90 miliar.

"Kalau sudah Rp 90 miliar banyak juga makanya kita bahas bagaimana caranya melakukan kegiatan kalau Rp 90 miliar abis juga dana," katanya.

Akibat pemangkasan tersebut, lanjut Ridho, pemerintah Kota Prabumulih berkemungkinan akan mengurangi pembangunan fisik yang menggunakam dana APBD.

 "Karena terlalu banyak kena pangkas, kemarin saja tinggal Rp 80 miliar untuk pembangunan kita, ini malah Rp 90 miliar dipotong," katanya.

Sementara Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Prabumulih, Jauhar Fahri SE Ak membenarkan informasi terakhir dari kementerian keuangan bakal ada pemangkasan anggaran cukup besar.

"Jadi kementerian menyampaikan akan ada pemangkasan anggaran-anggaran bahkan mencapai angka Rp 92 miliar untuk refokusing anggaran itu," ungkapnya

Posting Komentar

0 Komentar