publikzone


 

Angkat Produk Lokal Muara Enim, Plh Bupati Nasrun Umar Ajak Jajarannya Bekerja Lebih Ekstra

MUARAENIM, PUBLIKZONE -- Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) mengikuti secara virtual Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Rakerda Dekranasda) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penggerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2021 dari Command Center Setda Provinsi Sumatera Selatan.

Selain diikuti Plh Bupati Muara Enim, Rakerda yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan di Ball Room Hotel Arya Duta, Palembang, Kamis (04/03/2021) juga diikuti secara virtual oleh Bupati dan Walikota se-Sumsel dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) bersama Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru yang ditandai dengan pemukulan gong.

Tak hanya menampilkan kain sulam angkinan dan kain kawai kanduk saja tapi dalam acara tersebut pula menampilkan hasil dari keuletan karya-karya seni serta produk khas setiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumsel.

“Dari sekian banyak produk yang ditampilkan tadi tentu juga ada yang tidak di ketahui oleh khalayak luas atau banyak orang kalau sebenarnya ada daerah atau sudut tertentu yang dapat menghasilkan produk yang luar biasa seperti karya-karya yang tampil dalam Rakerda ini, terima kasih untuk itu,” ucap Gubernur HD saat menyampaikan sambutannya.

Maka dari itu, Gubernur Sumsel meminta melalui Rakerda Deskranasda dan Rakon TP PKK ini untuk dapat menyamakan persepsi dalam program kedepan.

"Kita berkumpul disini bukan hanya untuk seremonial semata akan tetapi lebih dari itu sehingga ada suatu inovasi atau temuan baru prodak baru yang kita dapat dengan catatan tidak meningalkan produk lama kita." Ucap HD

Sementara itu, usai mengikuti jalannya acara, Plh Bupati Muara Enim HNU,menjelaskan kalau di Bumi Serasan Sekundang ada beragam kerajinan lokal maupun industri kreatif, seperti Batik Kujur dari Semende, Batik Khaman dari Rambang Niru, Batik Dehian dari Seleman Tanjung Agung, Sirup Sari Lemon dari Gelumbang, Pisang Rimpi dari Ujan Mas termasuk Kerupuk Lembak yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan yang tentu pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Segala potensi tersebut tidak akan maksimal jika tidak ada dukungan dari semua pihak utamanya dari Dekranasda dan TP PKK Provinsi Sumsel. Untuk itu, Plh Bupati berharap dukungan dari semua pihak dan memastikan jajarannya (Perangkat Daerah terkait) untuk bersinergi bekerja lebih ekstra lagi dengan para stakeholders dalam mengangkat produk lokal asli Kabupaten Muara Enim sampai ketingkat yang lebih tinggi guna meningkatkan daya saing dan pendapatan masyarakat Kabupaten Muara Enim."Pungkas HNU (DN/Rill)

Posting Komentar

0 Komentar