publikzone


 

Hujan Turun, Sudirman Jadi Kolam



PRABUMULIH, PUBLIKZONE
--- Hujan deras yang mengguyur Kota Prabumulih Sumatera Selatan, mengakibatkan sejumlah titik di ruas jalan jenderal Sudirman sering terendam banjir. 

Salah satu titik lokasi berada di wilayah Padang Lalang RT 02 RW 02 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat. Warga menyebut, fenomena banjir dadakan ini terjadi akibat kondisi gorong-gorong sudah tidak berfungsi dengan baik.

"Banjir ini sering terjadi jika hujan turun. Penyebabnya karena gorong-gorongnya tidak berfungsi dengan baik, jadi air meluap ke jalan raya. Ya kalau hujan seperti kolam," Ujar Berry warga sekitar kepada publikzone.com, Sabtu (14/11/2020).

Berry mengaku, fenomena ini sudah terjadi sejak berpuluh puluh tahun lalu. Bahkan setiap hujan turun, gorong-gorong tidak mampu mengalirkan debit air, akibatnya air meluap dan membanjiri rumah warga sekitar.

"Kami selalu waspada setiap kali hujan, karena takut air masuk rumah. Banjir dadakan ini sering terjadi bahkan sudah bepuluh puluh tahun kami merasakanya," katanya.


Hal senada diungkapkan Randa (27) warga Padang Lalang, Menurutnya genangan air menutupi seluruh bagian permukaan jalan sepanjang 50 Meter dengan ketinggian luapan mencapai 15 sampai 20 cm.

"Genangan air tersebut sangat menggangu kami, bukan hanya saat hujan turun tetapi saat hujan reda pun Debit air akan terus bertambah yang mengakibatkan rumah kami ini kebanjiran," ujarnya. 

Randa berharap gorong-gorong yang tidak berfungsi dapat dibantu dan diperbaiki oleh pemerintah. Hal ini agar aliran air tidak menggenangi jalan raya dan rumah warga sekitar.

"Sekarang memasuki musim hujan, jadi akan sering terjadi banjir seperti ini lagi. Kalau dibiarkan terus, bukan hanya genangan air tapi juga bisa merusak jalan,” pungkasnya. (Ard)

Posting Komentar

0 Komentar