publikzone


Antisipasi Bencana Alam, Polres Prabumulih Gelar Apel Kesiapsiagaan

PRABUMULIH, PUBLIKZONE ---  Bencana alam merupakan rangkaian peristiwa alam yang dapat mengakibatkan kerugian bagi manusia. Karenanya, perlu dilakukan langkah-langkah penanggulangan untuk mengurangi dampak bencana tersebut.

Sebagai langkah antisipasi penaggulangan bencana alam (Mitigasi), Polres Prabumulih bersama stake holder terkait menggelar apel kesiapsiagaan tanggap bencana 2020 di halaman Utama Mapolres Prabumulih, Senin (9/11/2020).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi , S.I.K., S.H., M.H bersama Sekertaris Daerah Kota Prabumulih Elman, ST, MM, Danramil kota Prabumulih serta unsur terkait lainya.

Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, Basarnas, dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana alam.

"Hari ini kita gelar pasukan untuk mengecek persiapan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam tanggap bencana alam," katanya.

Sementara itu, Sekda Kota Prabumulih Elman, ST memprakirakan dimusim penghujan saat ini kota Prabumulih berpotensi mengalami bencana alam seperti, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Oleh karena itu, pihaknya merangkul setiap Stake holder untuk bersiap siaga terhadap kemungkinan yang terjadi. Intinya, jika ada bencana alam bisa ditanggulangi dengan cepat.

"Personel gabungan, jika adanya bencana alam. Semuanya, siap bahu membahu dalam rangka menanganinya,” katanya.

Tidak hanya personel gabungan perlu disiapkan, Lanjut Elman, tetapi sarana prasarananya juga harus selalu siap dan mesti berfungsi dengan baik.  

“Peralatan seperti perahu karet, alat pemotong kayu, dapur umum, dan lainnya. Harus selalu berfungsi dengan baik, sehingga bisa dimanfaatkan jika diperlukan,” jelasnya. (Ard/Frd)

Posting Komentar

0 Komentar