publikzone


 

Polres Prabumulih Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2020


PRABUMULIH, PUBLIKZONE
---  Satuan Lalu Lintas Polres Prabumulih, menggelar apel kesiapan pasukan Operasi Zebra Musi 2020 di Lapangan utama Mapolres Prabumulih, Senin 26/10/2020. 

Kegiatan yang melibatkan POM TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut, dilajutkan dengan penyematan pita kepada perwakilan pasukan sebagai tanda dimulainya operasi.

Wakapolres Prabumulih Kompol Masnoni S.I.K mengatakan, Operasi Zebra Musi akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai Jumat 26 Oktober hingga 8 November 2020 mendatang.

Menurutnya, Operasi Zebra Musi ini bertujuan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang tertib serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu-lintas.

“Operasi Zebra Musi dilakukan serentak, dalam rangka peningkatkan kesadaran pengendara kendaraan bermotor. Agar patuh terhadap aturan lalu lintas (Lalin), untuk menekan angka kecelakaan (Lakalantas),” ujarnya. 

Lanjutnya, pengamanan operasi Zebra Musi sekarang ini sendiri memiliki karateristik tersendiri, apalagi pelaksanaannya ditengah Pandemi Virus Corona. Tentunya, pelaksanaan operasi tetap harus mengedepankan protokol kesehatan guna memutus penyebaran rantai penyebaran Covid-19.

"Operasi kali ini sedikit berbeda karena  masa pandemi. Penindakan pelanggaran akan dilakukan selektif dengan mengedepankan persuasif,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Sukiman SH menuturkan Sasaran Operasi Kepolisian mencakup pelanggaran seperti mengemudi tidak memakai helm, tidak memakai shift belt, melawan arus, tidak mematuhi protokol kesehatan, dan sebagainya.

"Kecelakaan pasti ada penyebabnya, sehingga perlu ketajaman analisa dalam mendeteksi penyebabnya, Dan Kreteria pelanggaran tersebut merupakan awal mula pemicu terjadinya laka lantas. Maka dari itu bagi para pelanggar, akan kita berikan tindakan tegas," kata AKP Sukiman.

Diakhir pembicaraan, AKP Sukiman berharap operasi tahun 2020 ini akan menurunkan tingkat kecelalaan lalu lintas.  Untuk menunjang hal tersebut pihaknya akan mengutamakan keamanan dan keselamatan saat bertugas dengan berpedoman sesuai Standar Opersional Prosedur (SOP).

"Dengan penindakan diharapkan dapat menekan jumlah korban kecelakaan, dan masyarakat dapat lebih memahami aturan berlalu lintas. Bahkan juga kita harapkan seluruh anggota dapat bertugas sesuai ketentuan SOP yang ada," tandasnya. (FRD)

Posting Komentar

0 Komentar