publikzone


 

Perpustakaan Umum Desa Bukit Jaya Muba Raih Juara Tingkat Nasional

SEKAYU - Prestasi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus ditorehkan, kali ini Perpustakaan Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Terpilih sebagai Perpustakaan Desa Terbaik mewakili Sumsel dan berhasil meraih Juara 2 Pada Cluster B Tingkat Nasional. Hal ini terungkap saat Pengumuman Pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020 Secara Virtual, Selasa (20/10/2020).

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengucapkan selamat kepada perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba yang telah mendapatkan Juara 2 pada Klaster B di Tingkat Nasional Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020 Tingkat Nasional. Perlombaan yang di lakukan ini mengundang partisipasi yang sangat luar biasa. Untuk itu hasil yang hari ini diumumkan tentunya membuat bangga banyak pihak. Dan ini juga sebuah bukti meskipun masih dalam pandemi COVID-19 dengan banyaknya keterbatasan dalam kegiatan, namun kinerja para Pemkab Muba dan OPD yang terkait tetap berjalan dengan baik dan menghasilkan prestasi. 

"Perpustakaan desa Bukit Jaya semoga dapat menjadi contoh dan motivasi bagi desa-desa lainnya yang ada di Muba. Juga dapat menambah minat baca bagi masyarakat setempat khususnya bagi para pelajar dan anak-anak, yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter,"Ungkapnya.

Perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Terutama masyarakat desa yang ada di sekitar perpustakaan dan masyarakat luas pada umumnya. Menggerakkan kegiatan gemar membaca terutama untuk anak-anak yang ada di zaman saat ini yang serba elektronik, menjadi sangat penting bagi kita untuk memperhatikan agar minat baca dari anak-anak tersebut tetap terjaga.

Bunda baca Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza menuturkan bahwa keberhasilan yang kali ini didapatkan akan menjadi pemacu semangat kita, dan motivasi bagi desa lainnya. Saya ucapkan selamat kepada Perpustakaan Desa Bukit Jaya, Kecamatan Sungai Lilin yang meraih Juara 2 pada Klaster B Tingkat Nasional dalam Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) tahun 2020.

"Selamat kepada pihak-pihak yang tekun mendampingi, mendukung dan membantu selama persiapan dan pelaksanaan lomba,"Ucapnya.

Perpustakaan desa Bukit Jaya merupakan perpustakaan desa terbaik yang di pilih untuk dapat mewakili provinsi Sumatera Selatan. Kita ucapkan syukur karena mendapat juara pada kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/kelurahan Tahun 2020. Untuk itu, upaya Pemerintah Kabupaten Muba untuk meningkatkan Literasi Masyarakat di pedesaan dalam wilayah Kabupaten Muba ini sedikit demi sedikit telah menunjukkan hasil. Salah satunya adalah keberhasilan yang telah diraih oleh Perpustakaan Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin saat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba Drs Yohanes Yubhar MM mengatakan Alhamdulillah hari kita dengar secara bersama Pengumuman Pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tahun 2020. Dari hasil para juri maka di umumkan bahwa Perpustakaan Desa Bukit Jaya mendapatkan Juara 2 pada Klaster B di Tingkat Nasional dengan memperoleh nilai sebesar 588 yang hanya terpaut 3 poin dengan Juara 1 dari Sulawesi.

Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin khususnya Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang telah mensupport dengan sangat baik kegiatan ini, yang telah menginstruksikan Perangkat Daerah terkait untuk membantu pengembangan Perpustakaan Desa Bukit Jaya.

Juga Bunda baca Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza atas supportnya untuk Perpustakaan Desa Bukit Jaya yang juga telah memerintahkan Tim Penggerak PKK dan Dharma wanita untuk ikut berpartisipasi membantu Perpustakaan Bukit Jaya. Begitu juga dengan Gubernur Sumsel sangat mensupport, melalui Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel yang telah banyak memberikan bantuan untuk keperluan Perpustakaan Desa Bukit Jaya.

"Pada dasarnya kemenangan yang telah di peroleh hari ini, merupakan hasil dari kerjasama yang sangat baik. Yang benar-benar saling mendukung dan mensupport antar yang satu dengan yang lainnya. Dan ini sebagai bentuk kolaborasi yang baik antara provinsi, kabupaten dan juga desa," bebernya.

Sekarang Perpustakaan Desa Bukit Jaya telah bertransformasi sebagai tempat yang mampu mensejahterakan masyarakat setempat, dan ini juga yang kita harapkan. Jadi untuk kedepannya dalam hal pengelolaan tentang perpustakaan desa sedini mungkin dengan segiat-giatnya akan dilakukan dalam rangka untuk memajukan kelengkapannya.

Juhari selaku Kepala Desa (Kades) Bukit Jaya mengungkapkan rasa syukur yang sangat luar biasa atas kemenangan yang telah di peroleh hari ini. Dengan usaha yang baik menampilkan yang sebaik mungkin, Alhamdulillah hasil yang di dapat pun sangat baik yaitu mendapatkan Juara 2 pada Klaster B di Tingkat Nasional.

"Dan yang menjadi tujuan kita bersama agar Perpustakaan Desa Bukit Jaya dapat menjadi contoh dan motivasi bagi desa lainnya, hari ini diperlihatkan di tingkat nasional yang diumumkan secara virtual,"Tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar