publikzone


Tim Gabungan Padamkan 3 Hektar Lahan Terbakar

GELUMBANG, PZ – Tim gabungan Polsek Gelumbang bersama Koramil 404-01 Gelumbang, Regu Manggala Agni & BPBD serta Masyarakat yang tergabung dalam “KOMPAKLAH SQUAD” berjibaku berusaha memadamkan kebakaran lahan sawit yang terjadi di kawasan Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Beruntung curah hujan yang turun dari sejak siang, pada Selasa (11/8) kemarin membantu memudahkan upaya pemadaman api yang menghanguskan lahan perkebunan sawit milik warga tersebut. Namun akibat kejadian tersebut menyebabkan sekitar 3 hektar lahan sawit hangus terbakar.

“Ya baru sekitar jam 4 sore inilah, bisa dipadamkan itupun oleh karena hujan karena asapnya itu yang membuat kita kesulitan,” ungkap salah satu petugas BPBD Muara Enim, dibincangi usai memadamkan api lahan sawit tersebut.

Dia jelaskan, api mulai diketahui merayap membakar lahan milik warga itu pada Senin malam (10/8) sekitar jam 23.00 WIB kemarin. “Dilaporkan 3 hektarlah yang terbakar, kalau kerugiannya kita tidak tahu,” sebut dia.

Terpisah, Kepala Desa Talang Taling, Sapran ketika dikonfirmasi lewat via telpon, membenarkan adanya kebakaran lahan sawit yang ada di wilayahnya. “Tidak ada korban jiwa, api juga sudah berhasil dipadamkan barusan, banyak gabungan timnya,” ujar Sapran, singkat.

Sementara itu, Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab api dan masih diselidiki timnya. Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Imbauannya dilarang melakukan karhutla,” tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar