publikzone


Muba Siap Beradaptasi di Era New Normal

MUBA PZ - New normal life di tengah pandemi covid-19 tatanan baru yang banyak merubah pola-pola kebiasaan yang lama menjadi kebiasaan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan. Sesuatu yang baru dapat menjadi sebuah tantangan, tapi beradaptasi di era new normal ini harus dapat di pahami dan di lakukan bersama agar covid-19 dapat terkendali dengan baik.

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex mengatakan menjaga daya tahan tubuh untuk tetap sehat di era new normal sangat penting. New normal ibarat kehidupan baru di masa pandemi dengan protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19 sehingga setiap orang harus melakukan penyesuaian. 

“Saat ini sejumlah pasar, tempat ibadah, restoran, sarana transportasi dan sarana olahraga sudah mulai beroperasi kembali. Hal ini dilakukan demi menjaga roda perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat Covid-19. Adapun penjelasan beradaptasi di era new normal ini perlu kita pahami agar tidak binggung, sehingga mudah untuk dilakukan,” Ucapnya.

Ditambahkan Dodi Kita harus dapat mengubah mainset dan penerapan social distancing dengan cara yang baik serta peduli terhadap sesama. Di sini lah kita harus saling menjaga satu sama lain dan saling memperdulikan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba dr  H Azmi Dariusmansyah menjelaskan beradaptasi di era new normal yaitu prilaku masyarakat yang baru untuk bekerja, belajar, beraktifitas produktif dan aman dari covid-19.  Yang termasuk fasilitas umum, supermarket, hotel, restoran, terminal, sarana kegiatan olahraga, sarana transpotasi umum, tempat wisata, tempat ibadah, ruang rapat. 

Adaptasi kebiasaan baru yang bisa di lakukan era new normal ini dengan memastikan dalam keadaan sehat sebelum keluar rumah. Bila demam, batuk, flu, nyeri tenggorkan dan sesak nafas tetap di rumah. Lakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handrub. Hindari menyetuh wajah, jaga jarak minimal 1 Meter, beri kaca pembatas pada loket pelayanan bisa memakai faceshield untuk pelindung tambahan. 

Membawa peralatan pribadi seperti tempat makan, peralatan sholat dan peralatan make up. Saat tiba di rumah cuci tangan, mandi dan ganti pakaian. Bersihkan hp,kacamata dan peralatan lainnya dengan desinfektan. Konsumsi gizi seimbang. Aktivitas fisik minimal 30 menit. Hindari kontak fisik. 

“Semua bentuk ptotokol kesehatan dan penjelasan bagaimana kita bisa melakukan adaptasi dengan baik di era new normal ini bisa kita lakukan secara kompak dan bersama-sama, karena hidup sehat itu baik dan bisa terhindar dari covid-19. Salam sehat mari kita laksanakan adaptasi  kebiasaan baru di tempat dan fasilitas umum,” Tandasnya.(PZ)

Posting Komentar

0 Komentar