Ad unit




Pasien Asal Karya Mulya Prabumulih Dinyatakan Sembuh

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Pasangan suami istri yang merupakan pasien positif covid-19 asal Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) akhirnya bisa kembali pulang ke Prabumulih setelah dinyatakan sembuh.

Keduanya kini telah diperbolehkan pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga setelah hasil tes swab dinyatakan negatif. Kedua pasien ini adalah Endar Pratikno (52) pasien nomor urut 262 dan Suwartinah (55) pasien nomor 652.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo mengatakan keduanya merupakan pasien covid-19 yang terkonfirmasi cluster Palembang. Pasutri ini menjalani masa perawatan di Rumah Sakit RK Charitas Palembang dan telah diperbolehkan pulang hari ini, Sabtu (13/06/2020)

Lebih lanjut dr Tedjo menjelaskan, terpaparnya kedua pasien berawal saat Suwartinah melakukan cuci darah rutin di RS Charitas Palembang dengan didampingi oleh suaminya. Mengingat kondisi pasien kurang sehat pihak medis kemudian melakukan rapid tes terhadap pasien.

Berdasarkan hasil rapid tes diketahui Suwartinah positiv covid-19 sehingga dilakukan isolasi oleh pihak rumah sakit. Berikutnya rapid tes juga dilakukan terhadap suaminya yakni Endar Pratikno yang djuga diketahui positif covid-19.

"Untuk pasien atas nama Suwartinah sudah beberapa hari yang lalu dinyatakan sehat. Karena hasil tes swab suaminya belum keluar makanya yang bersangkutan memilih masih tinggal di rumah sakit unruk menemani suaminya," ujar dr Tedjo.

Masih kata dr Tedjo, informasi kesembuhan pasien atas nama Endar Pratikno sebenarnya sudah keluar sejak Kamis (11/06/2020). Namun pihak gugus covid-19 Kota Prabumulih belum menerima surat resmi dari rumah sakit tempat pasien dirawat.

Selain kedua pasien, sebanyak limanorang keluarga pasien yang bersangkuta juga tekonfirmasi positif covid-19 setelah dilakukan rapid tes oleh satgas covid-19 Prabumulih. Kelimanya telah dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab negatif.

"Hari ini sudah kita terima surat resminya dan keduanya sudah kembali ke rumah. Dengan ini kita harapkan masyarakat bisa menerima kembali para pasien yang telah sembuh. Hasil tes swab yang dilakukan hingga dua kali berturut-turut telah negatif," bebernya.

Meskipun sudah sembuh dari covid-19 namun para pasien diminta untuk tetap menjalani protokol kesehatan, menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, jaga jarak serta menggunakan hand sanitizer.

"Tetap jaga kesehatan dan menjaga daya tahan imun tubuh. Para pasien harus tetap menjalani masa isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih 14 hari kedepan," imbuhnya seraya menuturkan untuk kasus pasien positif covid-19 asal Kota Prabumulih yang di rawat saat ini telah habis. (PZ)

Posting Komentar

0 Komentar