publikzone


Walikota Ir Ridho Yahya, Tinjau Pasar Pagi Di Terminal Lingkar Kota Prabumulih

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya, MM didampingi Wakil Walikota H Andriansyah Fikri, SH dan Sekda Elman ST MM meninjau langsung terminal Type B Jalan Lingkar dalam rangka memberikan pengarahan kepada petugas sekaligus melakukan evaluasi Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Rabu malam (27/05/2020) sekitar pukul 20.00 Wib.

Terlihat di Terminal tersebut petugas keamanan dari Denpom dan Dishub Kota Prabumulih sedang melakukan penjagaan agar situasi di Pasar Pagi Terminal aman terkendali.

Adapun fasilitas yang telah di upayakan Pemerintah Kota Prabumulih yakni penerangan lampu LED di sepanjang pasar pagi terminal, tenda, WC umum, Damkar untuk kebutuhan air bersih, tempat cuci tangan, parkir gratis.

Ridho Yahya juga langsung melakukan pengecekan aktifitas para pedagang di Terminal Lingkar serta menyambut baik permintaan para pedagang. Bahkan ia siap untuk memfasilitasi.

Namun, untuk sementara waktu seluruh agen dan pengepul pasar pagi diharapkan bersedia dipindahkan ke Terminal Lingkar selama proses penerapan PSBB berlangsung. Kedepan Pemkot Prabumulih akan mengupayakan untuk membangun fasilitas pasar pagi di wilayah Terminal Lingkar sesuai permintaan pedagang.

"Jauh sebelumnya kita sudah ada rencana agar pasar pagi itu ditempatkan di wilayah Terminal Lingkar. Layaknya seperti pasar induk pada umumnya, karena pembeli tidak hanya dari Prabumulih bahkan juga berasal dari kabupaten tetangga. Begitu juga dengan agen-agen sayur dan ikan yang berasal dari Pagaralam, Curup dan Palembang," jelas Ridho.

Menurutnya, pemindahan pedagang pasar pagi ke Terminal Lingkar selama penerapan PSBB secara tidak langsung menjadi moment yang tepat untuk memulai rencana membangun pasar induk di wilayah tersebut. Sebab keberadaan pasar pagi yang dahulunya kerap menyebabkan kemacetan di Jalan Jendral Sudirman juga membuat pasar terlihat semrawut.

"Apalagi ini adalah kemauan dari pada pedagang. Agen-agen sayur pun tentunya akan lebih nyaman membongkar barang dagangannya di lokasi ini, karena lebih luas. Dan ini pun juga bertujuan untuk menghindari adanya pungli seperti yang telah dikeluhkan oleh beberapa pedagang," bebernya.

Sementara itu, Asisten 1 Kota Prabumulih, Drs Aris Priadi menambahkan, pemindahan pedagang pasar pagi khususnya pengepul dan agen ke Terminal Lingkar dilakukan sebagai langkah penerapan PSBB. Selama itu pula diharapkan para pedagang maupun pembeli untuk tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid-19.

Sejauh ini Pemkot Prabumulih telah menyiapkan sebanyak puluhan lapak untuk para pengepul dan agen di Terminal Lingkar. Bahkan jika ada pedangang pengecer yang juga berkeinginan berjualan di lokasi tersebut pihaknya mengaku siap untuk melakukan penambahan lapak sesuai keinginan pedagang.

"Selama PSBB ini setiap kendaraan khususnya agen-agen sayur dan sembako yang akan masuk Prabumulih dialihkan ke Terminal Lingkar. Seluruh tim akan memantau para agen dan pengepul untuk tidak melakukan aktifitas di PTM. Semua harus mengikuti instruksi ini tanpa kecuali," tandasnya (PZ)

Posting Komentar

0 Komentar