Ad unit


Sukses Digelar, Betta Kontes Muaraenim Tuai Pujian

MUARA ENIM, PUBLIKZONE. COM --- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Muaraenim sukses menggelar Serasan Betta Kontes yang diselenggarakan di Taman Tugu Adi Pura Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Minggu kemarin (8/03/2020).

Puluhan komunitas pecinta ikan Cupang hias dari Muara Enim maupun para breeder dari luar Muara Enim (Palembang, Bangka Belitung, Medan, Lampung, Pekanbaru, Jakarta, Bekasi, Banyuwangi dan Bali) turut bersaing menunjukkan keunggulan dan keindahan Ikan cupang mereka.

Dewan Juri asal Bandung Fuad Fadian menuturkan, ada 5 jenis Ikan cupang yang diperlombakan yakni Cupang Serit (Crown Tail), Cupang Halfmoon, Cupang Pelakat, Cupang Doble Tail dan Cupang Giant.

Jenis tersebut akan dibagi dalam kreteria Dorsal, Ekor, Anal (Sirip Bawah), Dasi, Sirip Renang , Badan Dan juga Kepala, Kreteria nya Yang Terutama Yaitu Kerapian Warna, Bentuk Sirip, badan, Dan Juga Mental.

"Berdasarkan kategori dari 29 kelas yang diperlombakan, Komunitas Pecinta Cupang Alkatraz dari BALI berhasil unggul dan muncul sebagai juara umum," katanya.

Sementara itu, Sigit salah satu perwakilian Komunitas Ikan Cupang mengaku bangga dapat berpartisipasi dalam Serasan Beta Kontes Muaraenim 2020. 

Menurutnya, selama terjun di dunia kontes ikan cupang sejak tahun 2001. Dirinya baru tahun 2020 diperkenalkan sekaligus diajak untuk menikmati pemandangan alami air terjun bedegung.

"Bagi saya kontes ini sangat berkesan, Sebab selama berkarir didunia kontes, baru kali ini saya dijamu dan diajak ke sektor pariwisata. Jadi Selain silaturahmi dalam kontes, kami juga diajak rekreasi ke air terjun bedegung," ujarnya.

Sigit berharap agar kontes serupa dapat selalu diadakan di Kabupaten Muaraenim. Ia menilai, Kinerja Pemerintah melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan komunitas pecinta cupang Muaraenim sangat solid. 

"Kita sangat berterima kasih buat kontes ini dan berharap ini terus diadakan. Sekali lagi salut buat kominitas dan pemerintah Muaraenim selaku Leading sektor Serasan Betta kontes," akunya.

Ditempat berbeda, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muara Enim, Isdrin ST mengatakan, bidang pariwisata menjadi bagian penting dalam upaya membangun citra positif suatu daerah. Menurutnya, Serasan Betta Kontes merupakan rangkaian kegiatan dalam memperkenalkan sektor pariwisata Muaraenim. 

"Melalui kontes ikan cupang, banyak para breeder dari luar daerah datang ke Muaraenim. Dihari yang sama, kita juga mengadakan Clean Up Day Tour the Bedegung 2020. Tujuannya selain ajang silaturahmi, kita juga memperkenalkan sektor pariwisata air terjun Bedegung pada mereka," pungkasnya. (SY)

Posting Komentar

0 Komentar