publikzone


Clean Up day Tour De Bedegung 2020 dan Serasan Betta Contes Berlangsung Sukses

MUARAENIM, PUBLIKZONE --- Kegiatan Clean Up day Tour De Bedegung 2020 dan Serasan Betta Contes yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muara Enim Sukses.

Puluhan komunitas baik dari Muara Enim maupun yang dari luar Muara Enim (Palembang, Bangka Belitung, Lampung, Jakarta, Jogjakarta, Banyuwangi dan Bali) turut hadir memadati Kawasan Objek Wisata Air Terjun Curuq Tenang Bedegung untuk mengikuti kegiatan Clean Up day And Tour de Bedegung 2020.

Ditempat terpisah pada hari yang sama Minggu (08/03/2020), juga digelar kegiatan Serasan Betta Contest Bupati Cup 2020 (kontes ikan cupang) di Taman Tugu Adipura Muara Enim.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaludin SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya dua acara yang digelar serentak tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan pagi ini di Kawasan Objek Wisata Air Terjun Curuq Tenang Bedegung. Selain itu, Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh komunitas dan masyarakat Muara Enim bahkan ada yang dari luar Provinsi Sumatera Selatan yang turut mendukung kegiatan ini," ujar Amrullah.

Menurut Amrullah, kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, namun tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

"Semoga dengan adanya pemungutan sampah serentak pada hari ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan semangat menjaga kebersihan dan merawat lingkungan, terutama dilingkungan kawasan wisata Bedegung," katanya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muara Enim, Isdrin ST, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta clean up day dari berbagai komunitas, organisasi perangkat daerah, dan stakeholder yang ikut mensukseksan acara tersebut.

"Clean up day and tour de Bedegung adalah sebuah gerakan gotong royong bersih-bersih sampah dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap objek wisata unggulan air terjun curup tenang Bedegung. Tenyunya hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam rangka mewujudkan visi misinya yakni, Merakyat - Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera."papar Isdrin.

Dikatakan Isdrin, Bidang pariwisata menjadi bagian penting dalam upaya membangun citra positif yang berujung pada peningkatkan kunjungan wisatawan dan peningkatan ekonomi masyarakat Muara Enim.

Ditempat yang berbeda tepatnya di Taman Tugu Adipura Muara Enim dilangsungkan Betta Contes mulai pagi hingga siang. Sedikitnya, 86 peserta dari berbagai daerah seperti, Jakarta, Bogor, Bali, Pekanbaru, Palembang,  Lampung, Bengkulu, Medan, dan  Bekasi ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Dodi Efendi selaku ketua pelaksana mengayakan para peserta dari berbagai daerah di Sumsel, Pulau Jawa dan sekitarnya antusian mengikuti Betta Contes. Menurut Dodi, pihaknya sengaja mendatangkan juri asal Palembang dan bandung dalam perlombaan Crowntail, Halfmoon, Plakat, Giant, Baby,dan Female Open Class.

"Para pesertanya sekitar 86 orang dengan jumlah ikannya sekitar 350 lebih ikan cupang ikut contes. Dalam penjurian itu dinilai, karakter ikan, warna, keindahan, ekor,  kerapiam ekor dan ekor bawah, badan yang menyerupai peluru,"kata Dodi.

“Pemenangnya nanti, lanjut Dodi akan mendapatkan tropy dan uang pembinaan, juga akan diundang untuk mengikuti kontes di tingkat Nasional."pungkas Dodi. (SY)

Posting Komentar

0 Komentar