publikzone


Pemkab Muaraenim Gelar Kegiatan Agro Expo 2020

Muara Enim -- Bertepatan dengan Lonching Colorful Festival, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Agro Expo tahun 2020 di Lapangan Merdeka Muara Enim, Rabu (26/02/2020) 

Kegiatan Agro Exspo 2020 dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang di wakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan, H Edwar Juliartha didampingi Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah beserta kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Muara Enim.

Dalam sambutannya Edwar Juliartha mengatakan Agro Expo merupakan sarana demi pengembangan usaha dalam bidang pertanian di Sumatera Selatan ini, sedangkan colorful menjadikan sekaligus momentum untuk melaksanakan kegiatan yang ada di Kabupaten Muara Enim.


"Kegiatan seperti ini merupakan ajang tahunan sebagai usaha untuk meningkatan wisata yang ada di Kabupaten Muaraenim. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat, kedepan kita bisa memperbaiki lagi pelayanan dalam pemajuan wisata, diharapkan dukungan dari semua pihak, dan ikut andil dalam penyelenggaraan ini,"ujar Edwar dalam sambutannya.

Selanjutnya Edwar mengatakan penyelenggaraan Agro Expo kedepannya dapat mendapat manfaat besar untuk Kabupaten Muara Enim khususnya.

"Jangan semata-mata sebagai kegiatan tahunan, tapi mampu menjadi meningkatkan ekonomi kerakyatan serta menurunkan angka kemiskinan yang ada di masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Muaraenim dalam sambutannya juga mengatakan bahwa Muaraenim Agro Expo merupakan salah satu upaya untuk menggairahkan dan merangsang petani kita dalam rangka mengembangkan Pembangunan Pertanian melalu Pameran Produk Unggulan Pertanian di Kabupaten Muaraenim.

"Program swasembada berkelanjutan padi jagung dan kedelai, bawang merah, cabe dan daging merupakan program nasional dalam rangka memenuhi pangan penduduk, meningkatkan ekspor dan devisa negara serta untuk memenuhi bahan baku industri yang harus didukung oleh semua pihak termasuk para Penyuluh pertanian, kelompok tani, pengusaha pertanian dan stakeholder lainnya,"terangnya.

Juarsah juga menambahkan bahwa Kabupaten Muaraenim tidak dapat dipandang sebeIah mata,Keberhasilan petani andalan dan Kelompok Tani dalam memproduksi pangan merupakan keberhasilan Kabupaten Muaraenim.

Keberhasilan petani andalan dan kelompok tani yang ada di kabupaten Muaraenim itu menandakan keberhasian Kabupaten Muaraenim didalam meningkatkan produksi pangan,oleh karena itu upaya peningkatan peran petani andalan, Penyuluh Pertanian dan pemberdayaan kelompok tani, kelembagaan ekonomi petani serta pemberian fasilitas kelompok tani terus ditingkatkan guna mendukung produksi pangan, mewujudkan ketahanan pangan dan agrowisata Kabupaten Muara Enim,"tegas Juarsah.

Juarsah juga berharap dengan diselenggarakaanya kegiatan ini akan mampu meningkatkan kreatifitas sumber daya lokal yang ada di Bumi Serasan Sekundang.

"Dengan adanya Agro Expo dan Colorful Muaraenim Festival ini menjadi satu persepsi dan satu gerakan dalam pengembangan pertanian, Agrowisata dan ekonomi kreatif berbasis sumber daya lokal khususnya sumberdaya pertanian sehingga tercapai masyarakat Muaraenim yang mandiri dan berdaya saing dalam dunia global,"pungkasnya.

Hadir juga pada acara ini Kejari Kabupaten Muaraenim, Dandim 0404 Muaraenim, Kapolres Muaraenim, Sekda Kabupaten Muaraenim, Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaraenim, Kepala Lapas Muaraenim, Kepala BNN kabupaten Muaraenim,Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan serta ratusan peserta dari Kecamatan yang ada di Kabupaten Muaraenim.

Usai pembukaan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumatera Selatan, H Edwar Juliartha didamping Plt Bupati Muaraenim beserta rombongan tinjau stand-stand para peserta Agro Expo disertai dengan Makan Durian Bersama. (DN)

Posting Komentar

0 Komentar