publikzone


Waspada Demam Berdarah, Ini langkah Bupati Muba


MUBA, PUBLIKZONE. COM --- Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengajak masyarakat agar mengantisipasi penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang dapat memicu penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, selain melakukan sosialisasi pihaknya juga mengajak masyarakat agar selalu menanamkan kesadaran kolektif akan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Langkahnya mengajak masyarakat untuk menerpakan pola hidup bersih dan sehat. Ya paling tidak dengan melakukan 3 M, menutup, menguras, dan mengubur barang bekas agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak," katanya. 

Dodi mengaku telah menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan, Camat, Lurah, Kepala Desa serta jajaran Puskesmas untuk terjun langsung kemasyarakat memberikan penyuluhan tata cara menaggulangi perkembangan nyamuk Aedes Aegypti sekaligus membagikan obat Abate. 

"Upaya meningkatkan kehati-hatian adalah pengobatan dan pencegahan yang tepat dan benar. Dengan itu angka terkena penyakit demam berdarah dapat diminimalisir," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah menjelaskan, gejala yang harus diketahui pada pasien yang dicurigai menderita DBD adalah deman tinggi tiba-tiba selama 2-7 hari (tetap tinggi walaupun sudah diberi obat penurunan panas), biasanya disertai rasa mual, muntah, sakit kepala dan persendian, serta sangat perlu diketahui bahwa gejala adanya bintik-bintik merah pada tubuh tidak sering muncul di awal-awal penyakit.

"Sebaiknya ketika ada seseorang dengan gejala-gejala DBD tersebut, harus segera dilakukan pemeriksaan darah lengkap di puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memastikannya dan dapat segera diobati dengan tepat serta menghindari kematian," tutur dr Azmi.

Lanjutnya setiap individu harus berupaya untuk menjaga daya tahan tubuhnya dengan cara makan minum yang sehat dan istirahat, serta melakukan prilaku hidup bersih dengan baik, seperti kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih yang mengalir juga memperhatikan kebersihan tempat tinggal dari sarang nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar