Ad unit


Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Penulis : Melisa Ismawati, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan awet muda hingga usia lanjut. Namun, tak banyak wanita yang sadar bahwa kulit wajah sehat, segar, dan awet muda di usia lanjut merupakan hasil kerja keras dan konsistensi merawat wajah sejak usia 20-an.

Bagi Wanita, urusan kecantikan wajah memiliki peranan yang sangat penting. Wajah merupakan kesan pertama untuk menarik perhatian pasangan. Meskipun tampak sepele, kecantikkan wajahlah yang mampu membuat seorang wanita tampil lebih percaya diri. Namun hal yang paling penting adalah bagaimana merawat kulit wajah secara alami agar wajah terlihat cantik walaupun tanpa make-up.

Menjaga kebersihan area wajah merupakan suatu hal yang harus di perhatikan kaum wanita, karena pada dasarnya wajah yang bersih akan memancarkan kecantikan alami.

Berikut ini adalah beberapa tips yang kalian bisa gunakan dalam merawat dan menjaga kesehatan wajah secara alami:

1. Bersihkan Wajah Secara Teratur
Setelah seharian beraktivitas diluar ruangan, membersihkan wajah sangatla penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kamu bisa membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih. Untuk hasil maksimal bersihkanlah wajah dua kali sehari, saat siang dan sebelum tidur.

2. Gunakan Pelembab Wajah
Menjaga kelembaban kulit adalah langkah untuk menjaga kesehatan kulit. Pelembab wajah dan kulit umumnya memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Mengganti cemilan harian dengan pilihan makanan sehat bernutrisi tinggi adalah cara untuk menjaga kesehatan kulit. 

4. Memakai Masker wajah 
Memakai masker salah satu untuk merawat kulit wajah. Masker alami memiliki banyak manfaat, di antaranya menyegarkan, memperbaiki dan mengencangkan kulit wajah. Tak hanya itu, masker wajah juga berfungsi melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit, mengangkat sel kulit mati, dan  memberikan asupan nutrisi pada kulit wajah.

5. Perbanyak Minum Air
Selain penghilang dahaga, Air mineral ternyata sangat baik untuk perawatan kecantikan. Biasakan meminum air sebelum tidur minimal setengah liter dan rasakan manfaatnya untuk kulit wajah anda.

6. Gunakan Tabir Surya
Tabir surya merupakan salah satu senjata untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi dari dampak negatif sinar matahari. Sinar matahari tentu baik untuk merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Namun jika terus menerus terpapar sinar matahari (sinar ultraviolet A atau B) tanpa perlindungan, warna kulit bisa berubah.

Kulit yang terbakar bisa menjadi hitam dan kusam. Tabir surya yang tepat dapat digunakan untuk mengurangi resiko, gunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 sebelum keluar ruangan. Aplikasi kembali tabir surya itu dua jam sesudahnya jika masih berkegiatan dibawah sinar matahari.

Bagaimana, mudah bukan? Intinya melakukan semua tips diatas dengan konsisten. Yuk mulai merawat kulit wajah dan dapatkan manfaatnya kemudian.

Posting Komentar

0 Komentar