publikzone


 

Peringati Hari Kontrasepsi Se-Dunia, Pemkab Muaraenim Gelar MOP

MUARAENIM, PUBLIKZONE -- Memperingati Hari Kontrasepsi Se-Dunia, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Muaraenim menggelar Pelayanan KB Medis Operasi Pria (MOP) dan Pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW), di RSUD Dr HM Rabain Muaraenim, Minggu (22/09/2019).

Kegiatan yang dlaksanakan dengan RSUD Dr HM Rabain Muaraenim dan BKKBN Sumsel tersebut, berlangsung selama dua hari mulai tanggal 21 hingga 22 September 2019.

Dr Ahmad Maskur, mengaku kegiatan ini baru pertamakali dilakukan Kabupaten/Kota di Sumsel. Sebab selama ini, jika mengadakan operasi MOP dan MOW tersebut hanya sedikit dan tidak serentak serta tergantung dengan BKKBN Sumsel.

"Ini keren, saya salut. Mereka melakukannya sendiri dan serentak tanpa bantuan dari kami," katanya.

Diakui Maskur, dalam operasi MOP dan MOW ini, biasanya yang sulit menembus untuk kerjasama dengan Rumah Sakit. Menurutnya Muaraenim beruntung sebab Kepala BKKBN dan Direktur RSUD Muaraenim masih dijabat satu orang.

Kepala Dinas BKKBN Kabupaten Muaraenim dr H Yan Riyadi MARS mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran.

Menurutnya, perencanaan jumlah anggota keluarga dapat diatur melalui program KB dengan menggunakan alat-alat kontrasepsi seperti kondom, implant, suntikan, IUD, pil dan medis Operasi Medis Wanita (MOW) dan Medis Operasi Pria (MOP).

Adapun tujuan KB yang sesungguhnya adalah bagaimana merencanakan sebuah keluarga untuk memiliki masa depan kehidupan sosial serta ekonomi yang lebih baik karena pembangunan di Indonesia pada dasarnya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kegiatan pelayanan KB medis operasi wanita dan pria ini, lanjut Yan Riyadi, merupakan rangkaian peringatan hari kontrasepsi sedunia / world contraception day (WCD) yang diperingati secara rutin pada tanggal 26 September setiap tahun diseluruh dunia

Peringatan hari kontrasepsi sedunia bertujuan mengingatkan percepatan pencapaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pentingnya kontrasepsi dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Posting Komentar

0 Komentar