publikzone


 

Deteksi Kanker Serviks, Dinkes Prabumulih Akan Gelar IVA Test Di Muaradua

Foto : Lurah Muara Dua, Ali Syukri SH
PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Kanker serviks merupakan jenis kanker yang sering menyerang organ intim wanita. Meski termasuk ganas, kanker yang berkembang di leher dan mulut rahim ini sebenarnya dapat dicegah melalui dideteksi sejak dini. 

Tentunya, pendeteksian itu dapat meningkatkan peluang kesembuhan. Saat ini, Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berupaya memaksimalkan pencegahan kanker Serviks melalui program Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

"Pemeriksaan IVA merupakan cara yang efektif, aman dan murah untuk  mendeteksi kanker Serviks. Serviks menjadi satu-satunya jenis kanker yang bisa dicegah." ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Heppy Tedjo TS, Jumat (27/9/2019).

Untuk mengoptimalkan itu, lanjut dr Heppy Tedjo, pihaknya tengah mempersiapkan pelayananan IVA test di Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur. Bahkan menurutnya, Kelurahan ini terpilih mewakili Kota Prabumulih dalam perlombaan IVA Test Tingkat Provinsi Sumsel.

Hal senada juga disampaikan Lurah Muara Dua, Ali Syukri SH. Ia menuturkan, kegiatan IVA Test akan dilaksanakan pada Rabu, 02 Oktober 2019 mendatang dan akan dihadiri langsung oleh tim penilai dari tingkat I Provinsi Sumatera Selatan.

"Kelurahan kita terpilih mewakili Kota Prabumulih dalam Lomba IVA test tingkat Provinsi Sumsel. Bersamaan dengan lomba, kita juga akan melakukan pemeriksaan kanker Serviks (Mulut Rahim) secara gratis," jelasnya.

Ditahun sebelumnya, Kelurahan Muara Dua merupakan Juara 1 Lomba IVA Test Tingkat Kota dengan pencapaian target pengunjung peserta IVA terbanyak. Sementara untuk tingkat Provinsi berhasil menduduki peringkat dua.

"Tahun sebelumnya kita berhasil meraih juara ke 2 kategori lomba IVA tingkat Provinsi. Nah, tahun ini kita ikut lagi, mudah mudahan kita berhasil meraih juara pertama." ungkap Ali.

Dia menambahkan, Jelang pelaksanaan itu pihaknya sudah menyiapkan tempat dan undangan kepada warga. Untuk menambah kemeriahan, mereka juga telah menyiapkan hadiah menarik bagi para peserta yang hadir. 

Sementara itu, Irma Suryani selaku Bidan Polindes mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan untuk menjaga pola hidup sehat, sekaligus mendeteksi awal kanker Serviks. 

"Sebaiknya para ibu ibu rumah tangga datang dan hadiri acara ini. Karena ini adalah kegiatan yang sangat baik dan penuh manfaatnya buat mengetahui kesehatan rahim," pungkasnya. (Aka)

Posting Komentar

0 Komentar