Polres Prabumulih Gelar Ops Patuh Musi Selama Dua Minggu


PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Kepolisian Resor Prabumulih menggelar operasi lalu lintas bersandi Ops Patuh Musi 2019. Dimulainya operasi ditandai dengan penyematan pita penugasan di halaman mako Polres Prabumulih, Kamis (29/8/2019).

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk, S.I.K., M.H mengatakan, operasi ini akan digelar selama dua Minggu mulai tanggal 29 Agustus 2019 hingga 11 September 2019 mendatang. 

Dikesempatan itu, Kapolres menegaskan agar anggota yang bertugas lebih mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani SOP yang ada.

"Samakan persepsi serta hindari perdebatan dengan pelanggar lalu lintas dan tindakan pungli, lakukan tugas operasi ini dengan baik tanpa komplain dari masyarakat dan pengguna jalan," ujarnya saat memberikan amanat, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan AKBP Tito, ada delapan jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi Patuh 2019, yakni melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk keselamatan dan helm, melebihi batas kecepatan, pengendara dibawah umur serta menggunakan lampu strobo/rotator/sirene pada kendaraan pribadi.

"Selain itu, ada empat jenis yang menjadi perioritas utama kita, yakni melawan arus, tidak menggunakan helm SNI, Truck over dimensi over load (ODOL) masuk kota tidak pada jamnya, serta Parkir liar," jelas Kapolres.

Sementara itu, Kasat lantas Polres Prabumulih, AKP Betty Purwanti, SIK menuturkan, tujuan dari operasi ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sekaligus menciptakan kamseltibcarlantas diwilayah hukum Polres Prabumulih.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas. Sehingga dengan itu, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dapat tercipta," Kata AKP Betty saat dihubungi publikzone.com.

Menurut AKP Betty, untuk pola penindakan akan dilakukan dengan  metode preventif. Selain itu, pihaknya juga telah memetakan titik yang akan dijadikan tempat digelarnya Opsi Patuh Musi di wilayah Hukum Polres Prabumulih. 

"Titik lokasi sudah kita petakan untuk gelaran operasi, namun kita masih lihat kondisi waktu dan tempat. Hal ini guna mengantisipasi sekaligus menghindari kemacetan lalu lintas di lokasi operasi," Jelasnya.

Meski tak menyebutkan secara lengkap, namun AKP Betty memberikan informasi bahwa kegiatan hari pertama  telah dilaksanakan. Terpantau dilapangan, hingga pukul 13.00 WIB anggota Satlantas Polred Prabumulih  masih melakukan giat Operasi di Ruas Jalan jendral sudirman depan Eks Mako Polsek Prabumulih Timur. (Ard/Bio)

Posting Komentar

0 Komentar