publikzone


Kwarcab Muaraenim Gelar Scout Serasan Competation III

MUARAENIM, PUBLIKZONE --- Dalam Rangka Menyambut Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang Ke-58 Tahun 2019, Kwartir Cabang Muaraenim mengadakan kegiatan Scout Serasan Competation III yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 13-15 Agustus 2019 di Taman Adipura Muaraenim, Selasa (13/08/2019).

Ketua Panitia, H Heridadi SE MM mengatakan, Kegiatan sebagai wahana pertemuan guna menggalang persaudaraan dan meningkatkan kualitas SDM Pramuka, Menambah Pengalaman, Keterampilan dan ketangkasan Pramuka.

"Kita berupaya membangun diri dan prestasi Pramuka melalui pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif,  terampil, rekreatif serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan pramuka kabupaten Muaraenim jauh lebih kreatif."ucap Heridadi.

Ia berharap Kwartir Cabang Muaraenim dapat menjadi pramuka  yang kreatif, terampil, dan tangkas dalam dunia kepramukaan maupun non pramuka. Bahkan mampu bersaing secara produktif dan inovatif serta memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Adapun jenis kegiatan lomba yang dilakukan, kata Heri yaitu Lomba upacara buka/tutup latihan Siaga, Penggalang dan Penegak,Lomba Sandi, Morse dan Semapore (SMS) Siaga,Penggalang dan Penegak,Lomba Pionering Kreasi Siaga, Penggalang dan Penegak A,Lomba Melukis Siaga, Penggalang dan Penegak,Lomba Gerak Jalan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak VIII.

"Untuk juri berasal dari Polres Muaraenim, Kodim 0404 Muaraenim, Andalan Cabang Kwartir Cabang Muaraenim, Dewan Kerja Cabang (DKC) Muaraenim XI."katanya.

Sementara itu Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Muaraenim Panca Surya mengatakan, sebagai amanat Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bahwa  Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwapatriot, taat hukum, disiplin, menunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan  membangun Negara Kesatuan Republik  Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

"Gerakan Pramuka Ke-58 Tahun 2019 ini, disamping merupakan program kerja Kwartir Cabang Muaraenim, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak ada perlakuan yang berbeda diantara Penegak, Penggalang dan Siaga yang  tersebar di Kabupaten Muaraenim,hal ini perlu terus dijaga dan dipelihara  mengingat dengan adanya kebersamaan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Kwarcab tentunya akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Gerakan Pramuka yang ada di Kabupaten Muaraenim."Pungkas Panca (DN)

Posting Komentar

0 Komentar