publikzone


Gugur Di Papua, Sertu Rikson Dimakamkan Di Prabumulih

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Putra terbaik bangsa, Sertu Anumerta Rikson Edi Candra anggota TNI Batalyon Kavaleri (Yonkav­) V Serbu Dwipangga Ceta Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, Sumatera Selatan, gugur dalam penugasan di Papua.

Sertu Rikson meninggal dunia saat mengamankan aksi unjuk rasa di Distrik Deiyai Papua, Rabu (28/8/2019) Lalu. Jenazah sertu Rikson diterbangkan dari Papua dan tiba di Prabumulih pada Kamis (29/8/2019), sekitar pukul 22.00 WIB.

Rasa sedih terpancar dari wajah Endang Susilawati, istri dari Rikson Edi Chandra saat Jenazah suaminya tiba di rumah duka. Sejumlah kerabat dan tetanggga, termasuk personel TNI juga hadir untuk menghibur pihak keluarga yang ditinggalkan Sertu Anumerta.

Setelah satu malam disemayamkan, Jenazah Sertu dikebumikan di taman makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Prabumulih. Upacara pelepasan dan penghormatan terakhir dipimpin langsung oleh Kasdam II/Sriwijaya, Brigjend TNI Syafrial, psc, M.Tr (Han), Jumat (30/8/2019) Pagi.

Brigjend TNI Syafrial, psc, M.Tr (Han) saat diwawancarai mengatakan, Kepada Rikson Edi Candra diberikan kenaikan pangkat satu tingkat dari sersan dua menjadi sersan satu anumerta. Menurutnya, ini wujud penghargaan sekaligus penghormatan dari negara kepada prajurit terbaik yang gugur dalam tugas.

"Rangkaian kegiatan pengurusan jenazah ini sudah kita laksanakan, mulai dari tadi malam saya menjemput di bandara kemudian kita antar ke rumah duka dan sekarang kita makamkan secara militer. Untuk serda Rikson Edi Candra, dinaikan satu pangkat menjadi sertu Anumerta," jelasnya.

Kasdam menuturkan, Keluarga besar Kodam II Sriwijaya turut berbela sungkawa atas insiden yang menimpa salah satu putra terbaik TNI. Ia berpesan agar seluruh prajurit yang sedang bertugas diwilayah operasi untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

"Kami keluarga besar TNI sangat berduka atas insiden yang terjadi. Pesan kami untuk Satgas teritorial yang ditugaskan di wilayah pedalaman papua agar tetap waspada," pungkasnya. (Ard/Han)

Posting Komentar

0 Komentar