publikzone


Pemkab Muba Siapkan Speed Boat Dan Ambulance Untuk Warga Perairan

MUBA, PUBLIKZONE.COM --- Masyarakat yang tinggal di kawasan perairan Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), terkendala alat transportasi air untuk menuju Kota Palembang.

Kendala ini, sering kali membuat warga kesulitan untuk membawa pasien rujukan ke rumah sakit Palembang, Mengingat akses utama hanya mengandalkan jalur air.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin melakukan respon cepat dengan mengangarkan dana pembelian 1 unit speed boat dan 1 unit mobil Ambulance.

"Kendaraan operasional sudah kita anggarkan melalui Dinas Kesehatan Muba. Tujuannya untuk memperlancar akses perjalanan pasien menuju pusat rujukan pelayanan kesehatan di palembang" Ujar Dodi, Selasa (30/7/2019).

Ia mengungkapkan, Selain alat transportasi jalur air dan darat, Pihaknya juga fokus menyambung jaringan listrik ke wilayah Lalan. Hingga saat ini proses jaringan listrik sedang berjalan, diprediksi tahun ini wilayah lalan akan terang benderang. 

Hal senada juga disampaikan Kadinkes Muba, dr Azmi Dariusmanysah. Menurutnya, speed boat dan mobil ambulance akan disiapkan untuk menjemput pasien yang akan dirujuk ke RS di Palembang.

lanjutnya, Tak hanya untuk antar jemput Pasien, Speed Boat nantinya juga difungsikan sebagai puskesmas keliling. Bahkan tahun ini, pihaknya akan melengkapi fasilitas rawat inap di Puskesmas Bandar Agung Lalan.

"Kita berusaha melengkapi sarana puskesmas hingga peralatan permeriksaan hematogi automatik,  sehingga warga lalan bisa langsung pemeriksaan laboratorium di Puskesmas Bandar Agung," Ujarnya.

Sementara Itu, Plt. Kadis PU PR Muba H Herman Mayori ST MT menambahkan, Selain meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan jaringan kelistrikkan. Pemerintah Muba juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan. 

"Kita telah mengganggarkan 70 milyar untuk pembangunan jalan dari P11 Kecamatan Lalan hingga B2 Kecamatan Sungai Lilin. Sementara untuk pembangunan jalan desa serta jembatan penghubung desa di Kecamatan Lalan kita telah anggarkan lebih dari 100 Milyar," Jelasnya. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar