publikzone


Pemkab Muaraenim Gelar Persiapan KRPL di Sepuluh Desa

MUARA ENIM, PUBLIKZONE --- Dinas Ketahanan Pangan menggelar Rapat Kelompok Kerja (POKJA) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Muaraenim, Kamis (18/07/2019) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda.

Rapat yang bertemakan “Persiapan Kegiatan  Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Sepuluh Desa ini memprioritas Penanganan penyakit Stunting Tahun 2019.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amrullah Jamalludin, SE mengatakan, Tumbuh Kerdil (Stunting) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan kekurangan gizi yang berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, menurunkan produktivitas daya saing sumber daya manusia.

"Pada tahun 2019, Kabupaten Muaraenim menjadi salah satu dari 160 Kabupaten/Kota prioritas penanganan Stunting Nasional tahap dua. Status ini sangat memerlukan perhatian, kerjasama dan koordinasi lintas sektoral untuk penanganan dan pencegahannya, karena penangangan masalah Stunting tidak dapat diselesaikan oleh Sektor Kesehatan semata tapi merupakan tugas dan tangung jawab kita bersama."ujarnya

Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut Amrullah, Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui Dinas Ketahanan Pangan pada tahun 2019 melaksanakan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di 10 (sepuluh) Desa prioritas Stunting di 6 (enam) Kecamatan dalam rangka mendukung upaya penurunan angka Stunting di Kabupaten Muaraenim.

"Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini akan dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani di desa.  Untuk itu, Desa diharapkan menjadi ujung tombak Pemerintah dalam upaya menekan angka stunting."Pungkasnya.

Adapun Sepuluh (10) Desa Stunting yang ada di Kabupaten Muaraenim : Desa Karang Raja Kecamatan Muaraenim, Desa Tanjung Kecamatan Belimbing, Desa Petar Luar Kecamatan Sungai Rotan, Desa Penyandingan Kecamatan Semendo Darat Laut, Desa Swarna Dwipa Kecamatan Semendo Darat Tengah, Desa Gunung Agung Kecamatan Semendo Darat Tengah, Desa Batu Surau Kecamatan Semendo Darat Tengah, Desa Pajar Bulan Kecamatan Semendo Darat Ulu, Desa Aremantai Kecamatan Semendo Darat Ulu, dan Desa Pelakat Kecamatan Semendo Darat Ulu. (DN)

Posting Komentar

0 Komentar