publikzone


Upacara Hardiknas, Ini Pesan Sekda Muba Drs H Apriyadi M.Si

SEKAYU, PUBLIKZONE --- Mewakili Bupati H Dodi Reza Alex, Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Drs H Apriyadi M.Si memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan SMP Negeri 6 Unggul Sekayu, Kamis (2/5/2019). 

Peringatan Hardiknas yang mengusung tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" itu, Diikuti oleh para peserta didik perwakilan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Tenaga Pendidik dan Kepala Sekolah yang berada di Kota Sekayu Kabupaten MUBA.

Dalam Kesempatan itu, Sekda mengatakan bahwa, Peringatan Hardiknas mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang maju.

"Kita semua punya tanggung jawab moral dalam membimbing, menjadikan Anak didik sebagai Sumber Daya Manusia yang punya kemampuan intelektual tinggi serta moral yang baik, menjunjung tinggi budaya, etika dan sopan santun. Tanggung jawab ini semua ada dipundak kita sebagai tenaga pendidik, "ujar Apriyadi.

Melalui momentum Hardiknas, Kata Sekda, Pihaknya mengajak semua komponen pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan, disiplin, loyalitas serta tanggung jawab dalam memberikan pendidikan yang terbaik mulai dari jenjang pendidikan terendah hingga tinggi.

Sekda berpesan agar seluruh jajaran Pemkab Muba dan para guru untuk bertanggung jawab mencerdaskan para peserta didik di Kabupaten Muba. Karena menurutnya, Para peserta didiklah yang akan melanjutkan tongkat estapet kepemimpinan dalam membangun daerah. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka yang disini akan menjadi pemimpin bangsa.

"Dihimbau kepada peserta didik mulai dari jenjang pendidikan rendah ke tinggi untuk terus belajar dengan aktif, sungguh-sungguh, tingkatkan disiplin dan kemampuan," Himbaunya. 

Lanjutnya, Dalam menghadapi era digital yang serba canggih ini, tidak hanya cukup belajar di ruang kelas dengan hanya memgandalkan fasilitas dan sarana yang disediakan di sekolah saja. Namun mereka juga dituntut menambah wawasan dan pendidikan  diluar sekolah.

"Pesan kami Pemkab Muba, sekarang NKRI sedang habis-habisan berperang melawan budaya yang tidak bagus, kalau dibiarkan bisa merusak generasi anak-anak kita yang sedang mencari ilmu. Kemudian juga memerangi masuknya arus asing yang berdampak pada perilaku, selain itu perang melawan narkoba, oleh karena itu kami berpesan kepada tenaga pendidik agar mengawasi jangan sampai mereka menjadi pengguna narkoba. Narkoba musuh kita semua, kewajiban kita melawan peredaran narkoba di Kabupaten Muba yang kita cintai ini," Ungkapnya. (Rill/SBG)

Posting Komentar

0 Komentar