publikzone


Ratusan Ribu Bibit Ikan Jelawat dan Nilem ditebar di Danau Ulak Lia Sekayu

SEKAYU, PUBLIKZONE.COM --- Sebagai upaya menjaga kelestarian sumber daya perikanan di Bumi Serasan Sekate, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Menebar Ribuan Bibit Ikan Nilem dan Jelawat di Danau Ulak Lia Sekayu, Sabtu (4/5/2019).

Penebaran bibit ikan tersebut merupakan kerjasama antara Pemkab Muba dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Jambi.

Dikesempatan itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex diwakili Kepala Dinas Perikanan Muba Abdul Mukohir, Menyambut baik kegiatan re-stoking yang merupakan penambahan stock ikan untuk ditebarkan diperairan umum. Hal ini dilakukan sebagai upaya pelestarian ikan air tawar dan untuk mensejahterakan masyarakat Muba.

"Atas nama masyarakat Musi Banyuasin kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Jambi yang telah berkenan memberikan bantuan bibit ikan Nilem sebanyak 100.000 ekor dan ikan jelawat 40.000 ekor yang ditebar ke Danau Ulak Lia ini,' Ujar Abdul Mukohir.

Selanjutnya, Ia berharap agar masyarakat dapat memahami dan mampu berkerjasama dalam upaya menjaga kelestarian sumber daya perikanan air tawar di Muba sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. " Selaku pemerintah kami berharap kita jaga bersama ekosistem dan biota ikan air tawar di bumi serasan sekate dan mari kita jaga lingkungan alam sungai kita serta hindari penangkapan ikan yang tidak diperkenankan Pemerintah," tuturnya 

Sementara itu, Defsel Day SPi MSi  salaku pihak BPBAT Jambi Mengatakan, wilayah kerja BPBAT mencakup seluruh Pulau Sumatera. Dikatakanya, Re-stoking merupakan Program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Terealisasinya program ini kebetulan berkat usulan proposal yang masuk ke kami dari Dinas Perikanan Muba. Ya bentuk kerjasama yakni dengan memberikan bantuan bibit ikan," paparnya. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar