publikzone


Pemkab Lambar Gelar Bimtek Pengadaan Barang Dan Jasa

LAMPUNG BARAT, PUBLIKZONE --- Pemerintah kabupaten Lampung Barat menggelar bimbingan teknis pengadaan barang jasa dengan metode Swakelola. Kegiatan ini berlangsung di Aula Keagungan Pemkab lambar, Kamis (25/4).

Dalam sambutanya, Asissten Bidang Ekonomi dan Pembangunan pemkab Lambar, Ir. Sudarto M, MM mengatakan, Proses pengadaan barang jasa mempunyai peran yang sangat penting dan strategis, mengingat seluruh program pembangunan belum bisa terealisasi tanpa melewati proses pengadaan

"Program yang akan dilaksanakan baik berupa konstruksi, jasa konsultansi dan jasa lainnya, tidak bisa terealisasi sebelum melewati proses pengadaan barang jasa," ujarnya.

Sedarto menuturkan, Pemkab Lambar menerapkan metode pengadaan barang jasa secara swakelola. Ia mengatakan seluruh proses pengadaannya baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya dilakukan sendiri oleh penyelenggara kegiatan.

"Sitemnya sendiri adalah swakelola, oleh sebab itu perlu adanya pemahaman yang benar didalam pelaksanaanya agar tidak ada kesalahan prosedur kedepannya," Katanya. 

Ditempat yang sama, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Ir Hotmuda Simarmata, MP mengatakan,  melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang  pengadaan barang dan jasa baik itu Ketetapan kualitas barang maupun waktu relaisasi pembangunan. 

"Dengan ini kita berharap penyedia barang jasa mengerti kriteria yang dibutuhkan pemerintah Pemkab Lambar," Jelasnya. 

Menurutnya, Ketetapan yang diterapkan merujuk kepada Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah dan LKPP Nomo 8 Tahun 2018 tentang pengadaan swakelola barang jasa.

"Kesemuanya itu mendasar tentang tugas, kewenangan, dan aturan teknis, terakhir untuk mewujudkan kesamaan pemahaman di lingkungan OPD," Tandasnya. (Metra).

Posting Komentar

0 Komentar