publikzone


KPU Prabumulih Gelar Simulasi Pemungutan dan Rekapitulasi Penghitungan Suara

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Prabumulih  melaksanakan Giat  simulasi pemungutan suara dan rekapitulasi perolehan Pemilu serentak 2019, Sabtu (13/4/19).

Kegiatan yang terpusat di Taman Kota Prabumulih Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur Provinsi Sumatera Selatan tersebut dimulai dengan proses pendaftaran, penyerahan formulir C6, pencoblosan hingga rekapitulasi.

Ketua KPU Prabumulh Marjuansyah, S.IP dalam sambutanya mengatakan,  Kegiatan nasional ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi. Untuk itu pihaknya sengaja mengundang unsur terkait agar dapat menyaksikan proses simulasi tahapan pencoblosan hingga rekapitulasi.

"Proses rekapitulasi disaksikan oleh Pengawas TPS, Panwaslu Kecamatan dan semua stakeholder yang ada. Harapan kita agar semua mengerti tata cara menjalankan proses pemilihan ini,"ungkapnya.

Selain itu lanjut Mardiansyah, simulasi ini juga dapat mendeteksi sejauh mana waktu penghitungan yang disediakan dan apa saja kendala yang bisa menghambat jalannya proses rekapitulasi perolehan suara.

"Waktu penghitungan selama 11,5 jam hingga pukul 24.00 WIB. Jika belum selesai di tambah 12 jam dan surat suara tetap di TPS," tegasnya.

Lebih jauh Marjuansyah menuturkan bahwasannya simulasi tersebut memakai skema 300 undangan ditambah surat suara tambahan sebanyak 2 persen. "Jadi surat suara yang disediakan sebanyak 306 surat suara yang diantaranya pemilih khusus," Bebernya. 

Diakhir sambutanya, Marjuansyah berharap agar pemilu serentak dapat berjalan aman, lancar dan berintegritas. "Semoga Pemilu serentak 2019 berjalan lancar, aman, kondusif dan bermartabat, "Pungkasnya. (Red/Adv)

Posting Komentar

0 Komentar