publikzone


 

Wisata Pendidikan Eksplorasi Migas Prabumulih Diresmikan Gubernur Sumsel

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Wisata Pendidikan Eksplorasi Migas Pertamina EP Prabumulih diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH, MM. Final Launching ini ditenggarai dengan cap lima jari diatas prasasti Museum 3D Migas, Kamis (7/2/2019).

Dalam sambutanya, Gubernur mengapresiasi inovasi Pemerintah Kota Prabumulih dan Pertamina EP dalam membangun sarana edukasi untuk para pelajar. Dengan itu, beliau berharap kota Prabumulih bukan hanya menjadi wilayah transit tapi juga dapat menjadi kota pendidikan Migas.


"Saya bangga dengan inovasi di dunia pendidikan yang diupayakan PT Pertamina dan Pemerintah Kota Prabumulih. Semoga dengan prakarsa ini, Kota Prabumulih dapat jadi pusat pendidikan untuk orang mencari ilmu tentang kegiatan eksplorasi dibidang migas," Ujarnya.

Namun menurut Deru, Untuk menjadikan museum 3D sebagai destinasi wisata pendidikan tidaklah mudah. Perlu adanya sosialiasi dan kerjasama dari semua pihak, sehingga museum kebanggan masyarakat Prabumulih dapat terkenal hingga ke luar daerah.

"Harus kita akui bahwa pendidikan memang menjadi pondasi awal untuk membangun generasi yang baik. Namun tidaklah gampang menjadikan museum ini sebagai pusat destinasi wisata pendidikan. Untuk itu langkah pertama yang harus diambil ialah kenalkan dulu ke setiap tingkat sekolah di Kota Prabumulih, Dengan itu maka akan tersebar sampai keluar daerah bahwa kita telah maju, sehingga mereka akan datang ketempat kita untuk belajar," katanya. 

Dikesempatan yang sama, General Manger PT Pertamina Ep Asset II, A. Pujianto mengatakan, Pembangunan museum merupakan salah satu e CSR Pertamina dalam dunia pendidikan. Menurutnya, Museum berkonsep 3D yang dilengkapi miniatur eksplorasi dan diagfragma penyaluran Minyak dan Gas (Migas) merupakan yang pertama kali ada di indonesia 

"Museum berisi diagfragma pengeboran migas dan lukisan tiga dimensi bertema migas ini  hanya ada di Prabumulih dan satu satunya di indonesia. Tentunya dalam proses pembangunan, terdapat ide Walikota Ridho Yahya yang menyarankan agar sumber edukasi bagi masyarakat ini dikemas dalam konsep yang menghibur," jelas Pujianto. 

Sementara itu, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengaku sangat bangga dengan keberadaan museum tiga dimensi (3D) yang berlokasi di Komplek Pertamina EP Asset II. Sejatinya PT Pertamina sudah harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat kota Prabumulih.

"Ini merupakan sumbangsih yang terbaik atas kepedulian pihak Pertamina EP terhadap dunia pendidikan. Dengan adanya museum ini bertambah satu lagi bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Prabumulih," ungkap Ridho.

Ridho menambahkan, keberadaan museum ini bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembangunan maupun peningkatan PAD Prabumulih. Ia juga berharap, museum ini dapat dimanfaatkan generasi muda sebagai ajang menambah wawasan di bidang perminyakkan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BKSDM Kementerian Prof Ir IGN Wiratmaja Puja MSC, Kajari Prabumulih, Ketua DPRD, Dandim, Danyon, Pejabat Pemprov Sumsel, Pejabat Pemkot Prabumulih, Staf Karyawan PT pertamina Asset II EP, serta Camat, Lurah diruang lingkup Kota Prabumulih serta tamu undangan. (Ard/Adv)

Posting Komentar

0 Komentar