publikzone


Ratusan Prajurit Yonkav Dwi Pangga Ceta Karang Endah Jalani Tes Urine

MUARAENIM, PUBLIKZONE ---  Ratusan TNI AD Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5 Dwi Pangga Ceta Karang Endah mengikuti pemeriksaan urine, Rabu (27/2/2019). Dari hasil pemeriksaan, seluruh personil dinyatakan tidak ada yang terindikasi memakai Narkotika. 

Danyonkav 5/DPC, Letnan Kolonel Shawaf Al Amien menjelaskan, Upaya yang ditempuh merupakan langkah kongkret untuk mencegah adanya personil yang terindikasi memakai zat adiktif narkoba.

"Alhamdulillah, dari hasil tes semua prajurit Yonkav negatif dari penyalahgunaan Narkoba," tegas Letkol Shawaf Al Amien.

Selain itu menurutnya, Uji petik yang dilakukan sebagai langkah pencegahan dini terhadap penyalahgunaan  narkoba di tubuh TNI, Khususnya di Satuan Yonkav 5/DPC Karang Endah. 

"Narkoba adalah musuh negara, makanya kita perangi. Sebagai prajurit kita harus bersih dari penyalagunaan narkoba, karena efeknya sangat berbahaya," Ujarnya. 

Selain menjalani prose tes urine,  Prajurit spesialis kendaraan tempur tank baja ini menerima sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih.

Kepala BNN Kota Prabumulih Ibnu Mundzakir SSos MSi menerangkan,
penyalagunaan narkoba serta dampak negatif yang ditimbulkan dari narkoba secara tidak langsung yang ditimbulkan yakni menghamburkan uang untuk hal-hal yang bersifat negatif.

"Bila sudah terkontaminas maka yang bersangkutan hilangnya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, tidak dipercaya orang lain dan hilangnya percaya diri. Lebih mudah berbohong dan melaksanakan tindak kriminal. Bahkan karier pun hancur bila terbukti narkoba," terangnya.

Masih kata Ibnu, untuk dampak langsung bagi tubuh dari penggunaan narkoba yakni gangguan jantung, otak, tulang, pembuluh darah, kulit, saraf, sistem pencernaan serta dapat terinfeksi HIV AIDS, hepatitis, herpes maupun TBC.

"Makanya kita selalu sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Dari hasil tes tadi para prajurit Yonkav urine nya negatif semua," pungkasnya. (Ard/Ayj)

Posting Komentar

0 Komentar