publikzone


Ajang Liwa Fair, Kabupaten Lambar Gelar Lomba Butetah Dan Nyambai

LAMPUNG BARAT, PUBLIKZONE --- Sebagai salah satu rangkaian acara menyambut HUT ke 27 dan Liwa Fair 2018, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengadakan perlombaan kebudayaan asli daerah yakni Butetah dan Nyambai. Lomba bernuansa adat budaya Lambar ini dilaksanakan selama dua hari.

"Lomba ini berlangsung pada Kamis ini hingga Jumat besok (20/9). Selain itu, dalam ajang ini para peserta memang diharuskan memakai kain asli bermotif khas dari kabupaten kita yakni Celugam," Ujar Riady Andrianto SH selaku kepala Bidang Kebudayaan saat ditemui media ini, Kamis (20/9).

Dikatakan Riady, para peserta tak hanya berasal dari kalangan pelajar tingkat SMP maupun SMA, bahka  juga ada dari masyarakat umum dan organisasi perangkat daerah  (OPD). Nantinya para peserta akan menunjukkan kemahiran mereka diatas panggung utama Liwa Fair.

"Animo masyarakat mengikuti ajang ini sangat banyak. Terbukti dari proses pendaftaran tercatat ada ratusan pendaftar, baik itu secara berkelompok maupun perorangan," Jelasnya.

Rudi menambahkan, kegiatan lomba Warisan budaya Butetah dan Nyambai juga memberikan efek positif bagi pengrajin Celugam di Lambar. Sebab para pengrajin kain, banyak mendapat order pembuatan celugam pra kegiatan itu.

"Pemakaian kain celugam dalam lomba merupakan anjuran Ibu Ketua Dekranasda Lampung Barat. Jadi, Selain melestarikan adat budaya, kegiatan ini juga memberikan dampak ekonomi bagi para pengrajin kain celugam," Tandasnya. (Metra)

Posting Komentar

0 Komentar