publikzone


Usai Manasik, Calon Jemaah Haji Prabumulih Siap Diberangkatkan

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Calon jemaah haji (CJH) asal Kota Prabumulih dipastikan siap berangkat menuju tanah suci Mekkah setelah melewati proses Manasik Haji. Bahkan, Manasik haji atau peragaan pelaksanaan Haji sesuai dengan rukun-rukunnya saat ini digelar untuk tingkat kecamatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Drs H Yeri Taswin MPdi melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh M Zakka Herry SAg mengatakan, kegiatan manasik sendiri bertujuan untuk melatih para calon jemaah melakukan Praktik Haji sesuai dengan rukun rukunya.

"Dalam kegiatan manasik tersebut, para calon jamaah haji akan diajarkan bagaimana cara melakukan tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya yang nantinya akan dijalankan para jamaah di tanah suci," ujar Zakka Herry SAg

Menurutnya, Untuk persyaratan seluruh calon jemaah haji sudah lengkap. Saat ini tinggal menyelesaikan kegiatan manasik di tingkat kecamatan. Gelaran manasik akan dilaksanakan sebanyak dua kali pada tingkat kota dan akan berakhir pada 13 Juli mendatang.

Dalam manasik tingkat kota tersebut kata dia, CJH mendapat pembekalan tentang materi kebijakan pelayanan pemerintah. Termasuk masalah managemen kolbu dan kebijakan pemerintah tentang kesehatan haji dari dinkes. Serta kebijakan pelayanan penyelenggaran haji sumsel dari Kanwil.

"Usai mengikuti rangkaian manasik, InshaAllah seluruh calon jamaah haji ini akan berangkat dari Prabumulih pada 9 Agustus menuju asrama haji Palembang. Besoknya tanggal 10 baru berangkat menuju Mekkah," jelasnya.

Ditambahkan Herry, dalam manasik haji tingkat kecamatan tersebut para jamaah dibagi dengan dua zona. Zona 1 diadakan di Kecamatan Prabumulih Timur, sementara Zona dua di Kecamatan Prabumulih Utara. 

"Untuk zona satu hanya dari calon jemaah kecamatan timur karena banyak jemaahnya ada sekitar 173 jemaah. Sementara untuk zona dua merupakan gabungan jamaah dari beberapa kecamatn yakni RKT, Cambai, Selatan dan Utara," bebeenya.

Dari seluruh calon jemaah haji tersebut terdiri dari 99 orang laki-laki dan 121 orang perempuan. Tidak hanya berasal dari Prabumulih, calon jamaah haji tersebut juga berasal dari kabupaten kota lainnya seperti Pali dan Muara Enim yang mendaftar di Kantor Kemenag Kota Prabumulih.

"Untuk usia lanjut atau lansia ada sebanyak 47 orang. Usianya mulai dari 75 sampai 88 tahun. Semuanya dalam kondisi sehat namun bagi jamaah lansia ini ada pendamping selama menjalankan ibadah haji yang berasal dari mahram atau pihak keluarga," tandasnya. (Ard/ Heri)

Posting Komentar

0 Komentar