Sosialisasikan JKN KIS, BPJS Prabumulih Gandeng Awak Media

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kota Prabumulih menggelar acara Media Gathering bersama awak media di Ruang Vip Rumah makan Arjuna, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Rabu (25/07/2018).

Kegiatan yang bertajuk "Dengan Gotong Royong Semua Tertolong" tersebut, dimuali dengan presentasi mengenai perkembangan dan pertumbuhan BPJS Kesehatan di Sumatera Selatan khususnya di Cabang Kota Prabumulih.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Yunita Ibnu mengatakan, pihaknya ingin membangun kerjasama yang baik dengan para wartawan. Menurutnya, media sebagai mitra penting BPJS Kesehatan untuk menyebarkan informasi kepada khalayak di Kota Prabumulih. 

"Media sebagai penyalur informasi, kami harapkan akan menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi-informasi terkini seputar program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)," ujarnya.

Diawal pemaparan, Yunita menjelaskan  terdapat 32 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan 4 Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan saat ini. 

Dikatakan Yunita, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi kedalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja kapanpun tanpa batasan waktu (self service)

“Ragam manfaat bisa didapat dari aplikasi mobile JKN, seperti menu info peserta, ubah data kepesertaan, pendaftaran peserta baru, tagihan, dan menu pelayanan serta menu umum,” jelas Yunita.

Yunita menambahkan, pihaknya terus memacu tingkat cakupan kepesertaan, sehinga di tahun 2019 mendatang semua warga Indonesia jadi peserta JKN-KIS. Untuk itu dirinya berharap agar masyarakat dapat mendukung implementasi program JKN-KIS.

“Namun, bukan hanya aspek itu saja, keberlangsungan program ini pun menjadi tantangan semua komponen atau lembaga. Tak terkecuali masyarakat sendiri saling menguatkan koordinasi dan mampu berperan dalam mendukung implementasi program JKN-KIS,” pungkasnya

Setiap masyarakat atau instansi atau juga swasta dapat mendorong terlaksananya Program JKN KIS. Program JKN KIS merupakan Program Strategis Nasional yang memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri sebagai peserta JKN KIS, membayar iuran tepat waktu, jika untuk perusahaan juga dapat membantu masyarakat yang tidak mampu disekitar perusahaannya, bisa dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) ataupun dengan Program donasi.

“Kami membuka pintu kepada pihak-pihak yang ingin berpartisipasi dalam Program CSR ataupun Program Donasi yang tujuannya untuk saling membantu sesama yang membutuhkan,” kata Yunita.

Sebelum menutup acara Yunita mengucapkan terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan media selama ini terhadap Program JKN KIS. Semoga hubungan yang baik dapat lebih ditingkatkan dan saling bekerjasama dalam mendukung Program JKN KIS. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar