publikzone


Wujudkan Toleransi, Muda Mudi Umat Budha Bagi Bagi Takjil

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Beragam cara dapat dilakukan untuk mewujudkan toleransi kerukunan antar umat beragama. Seperti yang dilakukan umat Budha kota Prabumulih pada bulan Ramadhan kali ini. Rasa saling menghormati mereka tunjukkan dengan membagikan Takjil buka puasa kepada kaum Muslim.

Dengan antusias, puluhan muda mudi sekolah budhis membagikan 800 takjil gratis kepada pengendara yang melintasi di sepanjang jalan jendral sudirman persis di depan Vihara Vajra Bhumi Prabu, Minggu sore (03/6) sekitar pukul 16:00 WIB.

Dari pantauan dilapangan, Kegiatan yang sengaja dipersiapkan oleh jemaat Vihara Vajra Bhumi Prabu ini mendapatkan pengawalan dari petugas Kepolisian Resor Prabumulih yang membantu mengatur arus lalu lintas.

Pak Seto salah satu guru agama Buddha mengatakan, Kegiatan ini sengaja mereka lakukan untuk menjaga kebhinekaan dan kerukunan antar umat beragama khususnya umat muslim yang ada di kota Prabumulih.

"Kita sengaja melakukan bhakti  ini, sebagai wujud penghormatan kepada umat Islam yang tengah melaksanakan ibadah puasa," Ujar Pak Seto.

Dikatakanya, Meski berbeda keyakinan, namun tingkat toleransi antara jemaat Budha dan umat Muslim di Prabumulih sangat erat. Karenanya, hubungan itu harus tetap terjaga.

"Kami sangat mencintai umat Islam. Sejauh ini kita bisa saling merangkul dalam kebersamaan. Karena itulah, di bulan Puasa ini kami ingin berbagi dengan kaum Muslim di sekitar vihara kami," katanya.

Semetara itu, Evi yang juga merupakan pemuka agama Budha menambahkan, hal ini dilakukan dengan tulus untuk mempererat jalinan silaturahmi antar umat beragama.

"Momentun bulan puasa ini kita jadikan kesempatan untuk berbagi dengan sesama, sekaligus mempererat tali silahturahim antar umat beragama khususnya di kota Prabumulih," ungkap Evi. (Andri Kurniawan)

Posting Komentar

0 Komentar