publikzone


Ribuan Lembar Surat Suara Rusak Dimusnahkan

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih setidaknya memusnahkan 1127 lembar Surat Suara yang rusak.  Pemusnahan ini dilakukan di halaman kantor KPU Kota Prabumulih, Selasa malam (26/06) sekitar pukul 21.00 wib.

Disaksikan oleh Kasat Intel Polres Prabumulih AKP Adi Syafril, Kasi Intel Kajari Kota Prabumulih Hamdan SH dan Anggota Komisi Panwaslu Iin Susanti, Ketua KPU M Tahkyul secara langsung membakar surat suara tersebut.

M Tahkyul mengatakan, setelah melakukan proses penyortiran, pihaknya menemukan surat suara yang lebih dan tak layak pakai. Pemusnahan harus dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan surat suara saat pencoblosan nanti.

"Setelah melalui proses penyortiran, kita memusnahkan sebanyak 1127 lembar surat suara yang rusak dan lebih. Pemusnahan ini harus dilakukan sebelum masa pencoblosan. Sedangkan surat suara sah sudah kita distribusikan ke seluruh kelurahan yang nantinya akan dikirim seluruh TPS," ujar Tahkyul.

Lebih lanjut Tahkyul menjelaskan, adapun surat suara yang dimusnakan diantaranya surat suara lebih dengan kondisi baik untuk Pilwako sebanyak 129 lembar, surat suara rusak untuk Pilwako 927 serta surat suara untuk Pilgub dalam kondisi baik dan lebih sebanyak 71 lembar.

"Untuk surat suara Pilgub yang rusak sudah kita kembalikan ke Provinsi. Pemusnahan ini pun sudah kita koordinasikan dengan pihak KPU Provinsi," bebernya.

Masih kata Tahkyul, surat suara yang dimusnahkan berdasarkan hasil temuan tim saat dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

"Usai pemusanahan ini kita akan mobile untuk mengecek kesiapan TPS dan keamanan logistik khususnya surat suara yang telah didistribusikan ke seluruh kelurahan. Kita sama-sama berdoa dan berharap proses pesta demokrasi ini khususnya di Kota Prabumulih dapat berlangsung dengan aman tanpa kendala," tandasnya. (Ard/ Heri)

Posting Komentar

0 Komentar