publikzone


Tiga Speaialis Pembobol Rumah Diringkus Polisi

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Tiga Orang pemuda yang belakangan ini sering melakukan Aksi pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum Polsek Prabumulih barat, akhirnya berhasil tertangkap. Terungkapnya kasus curat tersebut berawal ketika salah satu dari kawanan maling ini, diringkus team opsnal Gurita Prabumulih Barat dan Team Tantura Polres Prabumulih.

Pelaku pertama yang diamankan yaitu Oktin Abdi Bangsa (20) warga Jalan Suban Mas Rt 004 Rw 002, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat. Dari pengakuan Oktin diketahui dua pelaku lain yakni Okta Pianus (14) serta Aldian Kardina (16) keduanya warga Desa Sugiwaras, Kampung IV, Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim.

Kawanan Speaialis Pembobol Rumah ini, diringkus ditempat berbeda pada Sabtu malam (07/04) sekitar pukul 23.00 wib. Dari tangan para pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat warna biru putih BG 3441 CT sebagai alat mobile untuk melakukan pencurian, satu buah pahat kayu, satu buah kunci leter T  untuk melakukan pencurian motor.

Informasi yang dihimpun, diringkusnya para pelaku ini berawal saat gabungan petugas kepolisian mendapatkan informasi tentang keberadaan salah satu pelaku yakni Oktin. Saat itu pelaku sedang asik nongkrong di belakang Rumah Sakit Fadillah Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.

Berdasarkan informasi tersebut, tiga petugas kepolisian yakni, Bripda Putra, Bripda Surya dan Brigpol Fedho Antinus langsung mendatangi lokasi tempat keberadaan pelaku. Melihat pelaku sedang lengah, petugas pun langsung menciduknya. Tanpa perlawanan pelaku Oktin pun pasrah saat digiring petugas ke kantor polisi.

Dari hasil introgasi awal pihak kepolisian, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian sebanyak delapan kali bersama dua rekannya yakni Oktapianus dan Aldian Kardina yang merupakan dua bersaudara. Selanjutnya bersama timsus gurita polsek barat penangkapan kembali dilakukan terhadap dua bersaudara tersebut, saat keduanya tengah asyik begadang di wilayah Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK melalui Kasat Reskrim AKP Eryadi Yuswanto SH menjelaskan, dalam melancarkan aksinya para pelaku berbagi peranan. Satu pelaku bertugas sebagai pengawas, sedangkan dua pelaku bergerak selaku eksekusi.

"Pelaku masuk ke rumah para korbannya dengan cara melompat pagar dan merusak pintu serta jendela. Dari delapan tempat kejadian perkara (TKP) para pelaku berhasil menggasak enam unit sepeda motor milik para korban, handphone, tv serta barang berharga lainnya," ujar Eryadi kepada wartawan.

Masih kata Eryadi, setelah meringkus ketiga pelaku pihaknya langsung melakukan cek ke sejumlah TKP yang menjadi sasaran pelaku.

"Dari hasil keterangan pelaku kita cocokan dengan laporan para korban. Aksi mereka memang cukup nekat, apalagi pelakunya masih tergolong remaja dan dibawah umur," jelasnya.

Meskipun demikian sambung Eryadi, pihaknya masih tetap menjalankan proses penyidikan lebih lanjut terhadap tiga pelaku. Ketiga pelaku diancam pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan.

"Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Namun karena ada pelaku yang masih dibawah umur dan berstatus pelajar maka akan kita koordinasikan kembali terkait pasal-pasal serta sanksinya," tandasnya.

Di tempat lain, Desi Busnadi selaku warga kelurahan Patih galung, Kecamatan Prabumulih Barat, sangat mengapresisasi kinerja pihak Kepolisian atas tertangkapnya para pelaku pencurian yang sudah meresahkan warga padang lalang selama tiga bulan terakhir.

"Terima kasih kami ucapkan kepada pihak kepolisian Resor Prabumulih terutama Polsek Barat karena telah menangkap para pelaku pencurian yang sangat meresahkan kami selama tiga bulan belakangan ini, semoga Polisi semakin jaya," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Susanto Rambang, Menurutnya  kinerja pihak kepolisian dalam mengungkap kasus pencurian sangat pantas untuk di apresiasi.

"Selaku warga kami sangat berterima kasih dengan pihak kepolisian. Kami harapkan jika ada pelaku lain yang terlibat dalam pencurian tersebut agar dapat segera di tangkap dan kalau bisa BB hasil curian kawanan tersebut dapat ditemukan," tandasnya. (Ard/Bio)

Posting Komentar

0 Komentar