publikzone


 

Sampah Numpuk Satu Tahun, Pjs Walikota Prabumulih Berang

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Banyaknya tumpukan sampah rumah tangga disepanjang jalan Bukit lebar rt.04 rw .07 kelurahan Karang Raja, kecamatan Prabumulih Timur tepatnya di depan Kantor Dishub Balai uji Kendaraan (KIR), Membuat PJS Walikota Richard Cahyadi, AP, Msi berang saat melakukan tinjauan ke daerah tersebut, sabtu (10/03).

Inspeksi mendadak ini dilakukan untuk melihat kinerja Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Prabumulih. Namun sangat disayangkan, dalam kurun waktu 10 hari Dinas Perkim belum juga menyelesaikan tugas yang ia berikan. Menurutnya kepala Dinas Perkim Kota Prabumulih seharusnya cepat tanggap dalam mengatasi keluhan masyarakat.

"Masyarakat sekitar merasa resah dan mengeluhkan tumpukan sampah yang terus bertambah diwilayah ini, saya pernah lewat daerah ini 10 hari yang lalu, Karenanya saya memerintahkan Kepala Dinas terkait untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut. Namun kenyataannya sampai hari ini belum juga selesai," Terang Richard.

Terkait kelalaian lantaran kurang tanggap dengan keluhan masyarakat, Pjs Walikota Prabumulih Richard Akan memanggil kepala dinas yang berangkutan. " Hari ini pekerjaan harus selesai meski pun harus sampai malam, karena kelalaian ini, kepala dinas yang bersangkutan akan saya panggil, tetapi untuk sangsi apa nanti akan kita pertimbangkan," Tegas Richard terkait sangsi kelalaian tersebut.

Sementara itu, Kepala dinas Perumahan dan Pemukiman Toni Syalfriansyah mengatakan, Pihaknya sudah melakukan berbagai usaha untuk menanggulangi kendala sampah kian menumpuk. Menurut Toni, pihaknya telah memasang plank himbauan agar masyarakat dapat membuang sampah ke dalam 3 buah kontainer penampung yang telah disiapkan sebelumnya.

"Selain menempatkan 3 Container penampung sampah, Kita juga telah menyiapkan 2 unit mobil operasional pengangkut sampah dari container ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan ini kita lakukan setiap hari tanpa di pungut biaya, Sebenarnya yang membuat sampah ini membludak karena masih rendahnya tingkat kesadaran dan minimnya kepatuhan masyarakat untuk menjaga lingkungan," Kilah Toni.

Toni menjelaskan, Dinas perkim sudah meminjam alat berat milik seorang warga untuk membantu proses pemindahan sampah tersebut ke dalam dump truck pengangkut menuju ke TPA. "Kita sudah meminjam alat berat dari warga untuk membantu proses pembersihan. Kita akan tunggu meski alat berat tersebut datang pada sore atau malam hari nanti," Katanya.

Sedangkan menurut Farhan Mudina, SKM selaku lurah karang raja,  pembersihan ini sudah di lakukan 1 tahun yang lalu dengan menggunakan alat berat, namun karena mahalnya biaya operasional membuat pembersihan belum total sepenuhnya.

Tampak hadir di lapangan Kadis Perkim Toni Sapriansyah, Lurah Karang Raja Farhan Mudina, SKM, Kadishub Mulyadi Musa, serta Pjs Walikota Prabumulih Richard Cahyadi yang turun langsung mengawasi proses pembersihan tumpukan sampah tersebut.

Dari pantauan wartwan dilokasi, terlihat 12 mobil dump truck dan 2 mobil pengangkut kontainer yang sedang memuat sampah tersebut dan akan di bawa menuju ke TPA. (Andri Kurniawan)

Posting Komentar

0 Komentar