publikzone


 

Kurangi Pengangguran, Pjs Walikota Prabumulih Ajukan Penerimaan CPNS

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Tingkat penganguran di kota Prabumulih masih terbilang tinggi, bahkan kota yang berjulukan bumi seinggok sepemunyian ini, menempati urutan kedua di Provinsi Sumatera Selatan. Hal Ini disampaikan Pejabat Sementara (PJS) Walikota Prabumulih H Richard Cahyadi AP MSi Usai kegiatan bimbingan teknis sistem informasi manajemen pengendalian pembangunan (SiMPP).

"Angka penangguran di Kota Prabumulih termasuk urutan kedua di sumatera selatan, untuk itu kita akan ajukan penerimaan CPNS dengan harapan bisa mengurangi jumlah penganguran," Ujar H Richard kepada wartawan, Selasa (6/03) di aula Rumah Makan Kampoeng Cemara.

Rencana tersebut dilakukan lantaran selama beberapa tahun belakangan, Pemkot Prabumulih belum melakukan perekrutan CPNS. Padahal, sejumlah daerah kabupaten kota lainnya di Sumsel sudah ada yang melakukan perekrutan CPNS.

"Inilah yang menjadi pertanyaan bagi saya pribadi. Ada apa ini, kenapa Prabumulih tidak mengajukan penerimaan CPNS. Padahal Pemkot Prabumulih terbilang masih kekurangan jumlah tenaga ASN," katanya.

Menurutnya, Pihak Kementrian telah memberikan respon yang baik terkait rencana pengajuan tersebut. Hanya saja pihaknya masih perlu mengumpulkan data dan jumlah serta formasi yang akan diisi dalam penerimaan CPNS di ruang lingkup Pemerintahan kota Prabumulih.

"Saya sudah gali informasinya. Katanya sudah pernah mengajukan namun belum ada tanggapan. Bagaimana pengajuan kita mau ditanggapi kalau pengajuannya tidak pernah dipantau. Hendaknya OPD terkait harus pantau terus bagaimana perkembangannya. Jika perlu digiring dan didesak agar bisa diproses dan terlaksana," terangnya.

Terkait usulan itu, Richard menjelaskan kedepan pihaknya akan mengusulkan sekitar 500 orang lebih kuota penerimaan CPNS untuk tahun 2019 namun pemkot Prabumulih akan mengupayakan agar penerimaan dilakukan pada tahun ini.

Ditempat Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Prabumulih, Drs Alfian Herdi MSi ketika diwawancarai mengatakan, penerimaan CPNS baru akan dilakukan pada 2019 mendatang.

"Penerimaan CPNS sudah kita usulkan dan kemungkinan akan dilakukan pada 2019 mendatang, disebabkan tahun ini terkendala anggaran dimana sebagian besar terserap oleh pilkada," ungkapnya.

Alfian menuturkan, dalam penerimaan mendatang pihaknya mengusulkan penerimaan CPNS berjumlah atau dengan quota 600 orang. "Rencana penerimaan yang kita usulkan sebanyak 600 orang," tuturnya. (Ard)

Posting Komentar

0 Komentar