publikzone


Jelang Hari Raya Nyepi, Polisi Bantu Pengamanan

PRABUMULIH, PUBLIKZONE -- Untuk memberikan rasa aman kepada umat hindu dalam menyambut ibadah hari raya nyepi, Kepolisian sektor Rambang Kapak Tengah (RKT) dipimpin langsung kapolsek Iptu Vetria Sukri, Melakukan kunjungan ke Pure Udiyana yang berada di Unit 7 Desa Karya Mulia Kota Prabumulih, Jumat (16/03/2018).

Kapolsek RKT didampingi 7 personil kepolisian juga memantau jalannya Kegiatan upacara keagamaan Mecaro Taur Kesanga yang didalamnya terdapat ritual Urun Umbun yang ditunjukkan untuk Bumi Pertiwi dan Tileman yang bertujuan untuk mensucikan diri dari dosa.  

Selama proses sakral upacara suci umat hindu tersebut, pihak kepolisian terus memberikan pengawasan untuk memberikan rasa aman kepada 12 orang masyarakat hindu termasuk Ketua Pure Udiyana I Gusti Mangku Brata.

Kapolsek RKT Iptu Vetria Sukri mengatakan, pihaknya akan membantu mengamankan jalannya rangkaian hari raya nyepi di wilayah Rambang Kapak Tengah. Kapolsek berpesan agar masyarakat dapat menjaga situasi kamtibmas dengan saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Kita akan melakukan pengamanan sampai proses Ibadah Catur Brata (nyepi) besok, Sabtu 17 Maret 2018. Kita harapkan masyarakat dapat saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan juga menjada situaai Kamtibmas," Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pure Udiyana I Gusti Mangku Brata menambahkan selama Ibadah Catur Brata, Umat Hindu tidak akan beraktifitas seperti biasa, baik menyalakan api, bekerja maupun hal lain yang dilarang. Dalam ibadah itu mereka hanya melaksanakan puasa dan berdiam diri di dalam rumah. (Ard/Bio)

Posting Komentar

0 Komentar