publikzone.com


H.Oktaf Riadi SH : Wartawan Tetap Mengutamakan Kode Etik Jurnalistik

MUBA - publikzone.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Oktaf Riadi SH. mengimbau kepada seluruh Kepala Desa supaya melaporkan kepada pihak kepolisian bila ada wartawan tanpa konfirmasi dalam sebuah pemberitaan.

"Para Kades kalau ada wartawan yang membuat berita tanpa konfirmasi laporkan saja, " kata Oktaf Riadi, pada acara Seminar Sehari Bersama PWI Muba yang bertajuk Peran Pers Di Desa, Pers Sehat Kades Berkualitas digedung Darma Wanita kabupaten Musi Banyuasin, jumat (16/3).

Apalagi menurut Oktaf, menyiarkan langsung suatu berita tanpa izin yang bersangkutan, hal ini bisa dikenakan Undangan undang IT, dan apabila hal itu terjadi, maka PWI tidak akan membela wartawan tersebut.

"Kalau ada wartawan yang melakukan hal itu, mohon maaf PWI tidak bisa membela, apalagi sekarang ini pertubuhan Pers sangat luar biasa, makin hari makin banyak media media baru yang bermunculan, apalagi menjelang pilkada, saya berharap Wartawan tetap mengutamakan kode etik jurnalistik," harapnya.

Terpisah Sementara Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kurnaidi ST. mengatakan bahwa acara seminar ini merupakan rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang diadakan di kabupaten Musi Banyuasin.

"Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dari berbagai pihak yang ikut menyukseskan acara kita ini, yang bersifat tidak mengikat, diadakannya seminar ini guna berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan terkait pemberitaan," singkatnya. 

Dari pantauan wartawan dalam acara seminar tersebut selain dihadiri oleh puluhan kepala desa (Kades) dan ratusan wartawan, nampak asisten lll pemkab Musi Banyuasin Serta beberapa jajaran kepengurusan PWI, Sumsel dan PWI pusat. (ST)

Posting Komentar

0 Komentar