publikzone


DLH dan BLH Tidak Transfaran Dalam Menindak Lanjuti Pencemaran Air Sungai Kiahan

Muaraenim, publikzone - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Selatan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Muaraenim terkesan kucing-kucingan dengan wartawan terkait pengecekan dugaan pencemaran sungai Kiahan yang berlokasi di Kecamatan Lawang Kidul Muaraenim tercemar akibat eksplorasi penambangan oleh PT Bukit Asam (persero) Tbk,Kamis,(01/03).

Diketahui, BLH Provinsi yang diwakili oleh Kasi Pengaduan dan penegakan hukum, Yulkar Pramilus didampingi anggota Tim, Midin serta Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaraenim, Hamseh, SH turun kelapangan untuk melakukan pengecekan terkait dugaan pencemaran sungai kiahan.

Namun Saat dihubungi wartawan via Telfon terkait informasi pengecekan dilapangan, tak satupun dari Tim tersebut memberikan jawaban, bahkan Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaraenim, Hamseh, SH yang berhasil dihubungi salah satu awak media terkesan menghindar.

Setelah melakukan investigasi langsung kelapangan, Para pemburu berita tanpa sengaja bertemu Tim DLH dari Provinsi Sumatera Selatan disalah satu rumah makan di Tanjung Enim dan langsung menanyakan terkait hasil kerja mereka dilapangan.

"Kami minta maaf, karena kami hanya menjalankan prosedur hukum dan kami tidak sempat mengangkat telpon atau pun memberikan informasi. Sekarang kami siap untuk memberikan informasi," ujar Yulkar Pramilus Kasi Pengaduan dan Penegakan Hukum DLH Sumsel.

Pihaknya sudah menyelusuri di beberapa titik aliran sungai Kiahan dan juga telah mengambil sampel air dan hasilnya ini akan kami Laporkan ke atasan kami.

"Untuk ukuran kadar PH air yang ada di Sungai dari hulu sebelum Pipa pembuangan sebesar 5 PH, kita cek lagi setelah Pipa pembuangan ternyata PH nya tetap 5.dan saat kita cek pada kolam PTBA setelah keluar ke sungai nilai PH nya 7."Ungkap Yulkar.

Lanjut Yulkar, kita tetap akan melakukan pengecekan nantinya,dan hasil yang kami Miliki ini akan dibandingkan dengan pihak Independen dari PTBA bagaimana hasil kadar air disungai ini," pungkasnya.(DN)

Posting Komentar

0 Komentar