publikzone


Lapas Prabumulih Terima 27 Sipir Baru Dari Kemenkumham

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Untuk membantu keamanan dalam menjaga warga binaan, Lapas Klas II B Kota Prabumulih menerima tambahan 27 orang pegawai baru dari Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham).

Kalapas Klas IIB Prabumulih Ronaldo De Vinci Talesa AMD IP SH mengatakan, tambahan 27 tenaga sipir yang diterima terdiri dari 25 petugas laki-laki dan dua perempuan. Petugas ini merupakan calon PNS dan tengah menjalani masa orientasi sesuai bidang yang ditempati. 

"Bantuan tambahan tenaga sipir ini sudah kita terima sejak satu minggu terkahir. Mereka sudah mulai ditempatkan sesuai dengan bidang yang kita butuhkan. Mereka dibekali kemampuan seputar penjagaan tahanan dalam kelas" ujar Ronaldo saat ditemui di kantornya, Jumat (23/2).

Ronaldo menuturkan, memang sebelumnya Lapas Klas II B Kota Prabumulih kekurangan personil. Personil yang ada tidak sebanding dengan jumlah warga binaan yang di tahan di rutan.

"Sebelumnya kita hanya memiliki 48 petugas. Sedangkan jumlah warga binaan bisa mencapai 400 sampai 500 orang. Sehingga penambahan tenaga personil memang sangat dibutuhkan demi keamanan lapas," bebernya.

Masih kata Ronaldo, penempatan petugas baru tersebut lebih diutamakan dibagian pemeriksaan, Khususnya untuk mempertebal pengamanan dan pemeriksaan bagi pengunjung yang akan membesuk penghuni lapas.

"Hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Setiap pengunjung yang masuk akan diperiksa satu persatu. Begitu juga dengan barang yang dibawa akan digeledah secara detail oleh petugas. Jangan sampai ada benda atau barang yang dilarang bisa masuk ke dalam lapas," bebernya seraya mengatakan selama satu tahun kedepan petugas sipir baru tersebut menggunakan seragam hitam putih.

Selain mendapatkan tambahan tenaga personil, sambung Ronaldo, pihaknya juga telah mendapatkan bantuan tambahan senjata sebanyak 7 unit berikut amunisi dari Dirjen Pemasyarakatan.

"Senjata ini diperuntukan bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis yang digunakan untuk menunjang pengamanan saat dinas," tandasnya. (Ard/ Heri)

Posting Komentar

0 Komentar