publikzone


Heri Amalindo : Pali Sudah Pantas Ada Polres

PALI - publikzone.com - Sepertinya keinginan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten PALI, Sumatera Selatan, untuk memiliki Polres sendiri akan segera terwujud. Hal ini terbukti setelah Tim Mabespolri dipimpin Kombes Polisi Drs. Yasdan Rifai S.Hum Didampingi Kombes Polisi Drs. Eko Erpangi dan AKBP Dr. Nurul Azizah. SIK. MSI, melakukan kunjungan kerja dalam rangka studi kelayakan pembentukan Polres PALI. Selasa, (13/2).

Dihadapan Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo dan puluhan pejabat pemerintah lainnya Kombes polisi Drs. Yasdan Rifai mengatakan untuk pembentukan kepolisian resort (polres) di suatu kabupaten baru merupakan kewenangan pemerintah pusat, dan juga harus dilengkapi dengan supra strukturnya sebagai suatu persyaratan, karena menurutnya ada 9 dimensi dan 46 indikator salah satunya luas wilayah dan jumlah penduduk, serta sumber daya alam dan pendidikan.

Bermacam persyaratan dan aturan sebelum pembentukan polres yang tentunya ada dalam perundang undangan, pertama dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat, selanjutnya lahan akan disediakan oleh pemerintah minimal luas lima hektare persegi dan kategori nilai, karena didalam markas polres nanti ada sebanyak 463 personil, ditambah lagi yang lainnya, bisa mencapai ribuan personel, kalau untuk PALI Polres tipe C.

" Insya Allah untuk kabupaten PALI sepertinya memenuhi syarat tersebut, yang pertama pihak pemerintah daerah kabupaten sangat mendukung dan sudah menyediakan lahan lokasi untuk kantor dan asrama polres, yang kedua luas wilayah juga sangat luas ditambah kepadatan penduduk terdiri dari lima kecamatan, ditambah lagi PALI memiliki pelabuhan, nanti Polres disini ada pol airnya," Kata Yasdan.

Selain juga Kabag kelembagaan ditubuh Polri itu mengatakan bahwa masyarakat jangan mempersalahkan soal tipe Polres yang akan dibentuk, karena menurutnya yang penting keberadaan Polres di PALI yang penting membuat kenyamanan terhadap masyarakat, karena polisi adalah pengayom masyarakat, namun dirinya belum bisa memastikan kapan waktunya pembentukan Polres tersebut, karena hasil kunker studi kelayakan itu akan disampaikan kepada kapolri dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya Bupati PALI, Ir.H Heri Amalindo menyampaikan kepada Tim Mabes Polri bahwa Pemerintah Kabupaten PALI sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk syarat yang dimaksud salah satunya, menyediakan lahan seluas lima hektare bakal dibangunya lokasi kantor Polres yang terletak di KM 6 kelurahan Handayani Mulya yang tidak jauh dari pusat kota pendopo, Heri Amalindo berharap hasil kunker studi kelayakan pembentukan Polres ini membawa hasil yang positif sesuai harapan pemerintah dan masyarakat Bumi Serepat Serasan.

"Kami selaku pemerintah sangat mengharapkan akan segera dibentuk Polres, untuk lahan lokasi perkantoran kita sudah siapkan yang berada tidak jauh dari pusat kota kabupaten, juga menurut kami PALI sudah pantas ada Polres, karena kabupaten ini berada ditengah jantungnya provinsi Sumatera Selatan, yang berbatasan dengan empat kabupaten dan satu kota madya," Ujar Heri Amalindo. (ST)

Posting Komentar

0 Komentar