Timsus Gurita Amankan Pengawal Transportir Batubara

Prabumulih,publikzone - Pungli dengan modus melakukan pengawalan terhadap mobil angkutan batubara agar bisa melintas melalui jalan kota memang kerap dijumpai di sepanjang jalan jendral Sudirman kota Prabumulih.

Padahal telah diketahui, aturan yang tertuang didalam perwako No.56 bab II thn.2015, mengenai ketentuan penyelenggaraan jalan jend Sudirman kota Prabumulih tentang Larangan mobil angkutan barang (truk) kecuali mobil sembako dan BBM yang diperbolehkan. Namun peraturan tersebut tidak menyurutkan niat para kawanan ini untuk melakukan praktek kotor mereka. 

Dari isu yang berkembang di masyarakat, praktek pungli dengan modus jasa pengawalan telah lama terjadi, para supir berani membayar pengawal dari mulai harga Rp.100.000 s/d Rp.300.000 Untuk melintasi rute jalan umum mulai dari tugu nanas sampai tugu air mancur, dan rute jalan Simpang empat lingkar Tanjung raman menuju tugu air mancur.

Praktek para kawanan ini, biasanya dimuali pada malam hari. Modusnya pun bermacam macam, dari mulai pengawalan langsung menggunakan sepeda motor, sampai modus setor di tempat dengan oknum preman yang meminta jatah dengan dalih jasa numpang lewat (lewat jalan, red).

Seperti kali ini, Edi Supratno (39) warga kelurahan Patih Galung kecamatan Prabumulih barat kota Prabumulih. Dirinya harus pasrah saat diamankan oleh TimSus Gurita Polres Prabumulih dipimpin Aiptu Eem Supriyatna, SH karena melakukan pengawalan truk batubara di jalan jend. Sudirman yang telah dilidungi perwako tersebut,  (11/01) pukul 00.20 malam.

Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan uang tunai sebesar  53.000 rupiah. Turut diamankan bersama pelaku yaitu motor Honda Spacy warna biru yang ber Nopol BG-2454-CN.

Dihadapan petugas pelaku mengaku melakukan pengawalan dimulai dari simpang tugu nanas sampai ke arah simpang 4 pertamina saja. Ketika melewati beberapa titik point yang ada, dirinya pun harus menyetor ke oknum preman sebagai jasa numpang lewat. 

Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti,SE.,M.M yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Polres Prabumulih AKP Eryadi Yuswanto, SH membenarkan penangkapan pelaku Edi Supratno (39) karena melakukan pungli dengan modus jasa pengawalan. 

" Saat ini kita masih melakukan introgasi kepada pelaku. Selanjutnya barang bukti uang berikut motor honda spacy milik pelaku sudah kita amankan di mapolres Prabumulih, " jelas AKP Eryadi Yuswanto. (Rd/Fdh)

Posting Komentar

0 Komentar