publikzone


Museum Migas 3D Pertamina Prabumulih, Akan Segera Diresmikan

PRABUMULIH, PUBLIKZONE-- Untuk memberikan nilai pendidikan kepada seluruh masyarakat umum tentang eksplorasi dan penyaluran Minyak dan Gas (Migas), PT Pertamina EP Asset II membangun Museum Migas tiga dimensi. Tak hanya sebagai sarana Edukasi, Museum ini juga akan dijadikan salah satu destinasi wisata hiburan untuk masyarakat kota Prabumulih.

Kehadiran museum yang berlokasi di Komplek Pertamina EP Asset II ini, merupakan satu-satunya museum mengenai migas di Indonesia. Rencananya museum yang dibangun era kepemimpinan GM Pertamina EP Asset II, Ekariza akan segera resmi dibuka untuk umum mulai tanggal 9 Februari 2018 mendatang.

Menurut General Manager Pertamina EP Asset II,  Ekariza mengatakan bahwa museum tiga dimensi ini dibangun Pertamina dengan tujuan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat umum. Tidak tanggung-tanggung dana yang dikucurkan dalam pembangunan ini mencapai Rp 3 miliar. 

"Museum itu berisi diagfragma pengeboran migas dan lukisan tiga dimensi bertema migas. Museum ini dilengkapi learning center, cafe serta fasilitas outbond. Dan museum migas tridi ini satu-satunya di Indonesia dan provinsi Sumsel, " ungkap Ekariza, Selasa (23/1) pagi. 

Ekariza menambahkan, saat ini proses pengerjaannya baru 75 persen Dan nantinya museum tiga dimensi ini menjadi destinasi wisata hiburan di kota Prabumulih. "Ide ini sudah lama tapi baru terlaksana sekarang. Dengan adanya museum ini semoga para pelajar dan masyarakat dapat mengetahui mekanisme ekplorasi dan penyaluran minyak dan gas," ujarnya. 

Sementara Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menyambut senang dengan dibangunya museum migas tiga dimensi ini. Ia berharap museum ini dapat dimanfaatkan bagi generasi muda Kota Prabumulih sebagai ajang menambah pengetahuan di bidang migas. 

"Prabumulih juga telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai kota percontohan gas nasional. Nah sekarang kota Prabumulih satu-satunya mempunyai museum migas 3D di Indonesia. Ini sungguh luar biasa apa yang dilakukan Pertamina. Nantinya bisa jadi destinasi wisata sekaligus tempat menambah wawasan di bidang gas bumi dan minyak teekhusua bagi masyarakat Prabumulih dan masyarakat Sumsel bahkan untuk masyarakat Indonesia," pungkasnya. (Ard/Ry) 

Posting Komentar

0 Komentar